12 Okt 2018 11:50

Razia Ketersediaan Tabung Elpiji Subsidi

MyPassion
Maya Kainde

MINAHASA—Masyarakat mendorong pemerintah untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa pangkalan yang menjual tabung elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg). Di Kecamatan Tondano Barat contohnya. Camat yang membawahi wilayah yang memiliki banyak restoran dan rumah makan ini mengatakan, pihaknya sudah melakukan sidak ke sejumlah pangkalan.

Menurutnya, hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan bahan bakar yang biasa dipergunakan untuk keperluan usaha dan rumah tanggal. Dia juga mengatakan, agenda tersebut memang selalu dilakukan menjelang akhir tahun. “Saya sering mendengar keluhan masyarakat yang mengatakan gas elpiji bersubsidi langka. Kalaupun ada, harganya tidak seperti biasanya dan bahkan bisa dua kali lipat,” kata Kainde.

Ditambahkannya, masyarakat diberi ruang seluas-luasnya untuk mengajukan pengaduan kepada pemerintah tentang dugaan penimbunan gas tabung berwarna hijau ini. “Upaya penimbunan bahan pokok termasuk tabung 3 kilogram adalah praktek dagang yang menyusahkan masyarakat, jadi harus diberantas,” tegas Kainde sembari menyarankan kepada para pemilik pangkalan untuk melakukan distribusi dengan adil dan merata dan jangan ada yang dimonopoli. (tr-03/fgn)

Kirim Komentar