12 Okt 2018 11:57

Ratusan Petani Kelapa Sawit Demo

MyPassion
Ratusan petani kelapa sawit dan warga melakukan demo di halaman Kantor Bupati Bolmong, kemarin. (Dok Humas)

BOLMONG--Ratusan petani kelapa sawit dan warga melakukan demo, di halaman Kantor Bupati Bolmong, Kamis (11/10) kemarin.

Koordinator aksi Indra Patriana Songkar mengatakan, dirinya sebagai kumpulan suara masyarakat dan para petani meminta kepada Pemkab Bolmong agar menghentikan aktivitas PT Anugerah Sulawesi Indah. "Saya selaku pendamping para petani kepala sawit tidak menolak penanaman kepala sawit, hanya kami menolak perusahaan menanam di lahan produktif," kata Indra.

Dia menjelaskan, saat ini ada 650 hektare lahan yang dikelola oleh perusahaan tanpa melibatkan masyarakat. Menurutnya, ada beberapa desa yang menjadi lahan penanaman kelapa sawit oleh perusahaan diantaranya Desa Lolak Dua, Tumbolango, dan Desa Maelang. "Kami minta perusahaan untuk memberdayakan petani, karena sudah bertahun-tahun masyarakat yang mengelola lahan-lahan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Plh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Derek Panambunan menyampaikan, Pemkab Bolmong masih akan melihat aturan yang berlaku dan akan melakukan kajian lebih lanjut terkait permintaan petani dan masyarakat. "Terkait permintaan masyarakat Pemkab Bolmong akan memanggil pihak PT Anugerah Sulawesi Indah dan menanyakan kesanggupan terkait permintaan masyarakat," katanya.

"Tentunya kami masih akan mengkaji permintaan masyarakat yang dapat diakomodir atau tidak. Jangan sampai permintaan ini bertentangan dengan aturan,” ujarnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar