11 Okt 2018 10:20

Pencairan Dandes Tahap III di Mitra Belum Pasti

MyPassion
Joutje Wawointana

MANADOPOSTONLINE.COM — Kapan pencairan dana desa (dandes) tahap III belum bisa dipastikan. Hingga kini, 135 desa di Kabupaten Mitra masih menunggu pemasukan konsultasi dandes tahap I dan II. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mitra Joutje Wawointana, pihaknya juga menunggu pemasukan LPJ tahap II. Kemudian diusulkan ke Kantor Pelayanan Pembendarahan (KKPN). "Kalau sudah penuhi, selanjutnya tinggal menunggu anggaran masuk di khas daerah," tambahnya.

Dikatakan Wawointana, pada tahap III, 135 desa nantinya bakal diguyur Rp 37,3 miliar atau 40 persen dari total dandes yang masuk tahun ini. Namun untuk penyaluran di tiap desa dilakukan bervariasi. "Jadi untuk yang diterima masing-masing desa berbeda. Karena sesuai dengan penerimaan tiap desa," katanya.

Menurutnya untuk dandes tahap II sendiri sudah usai disalurkan. "Tahap II sudah usai disalurkan ke 135 desa sejak September lalu," tukasnya.

Ditambahkan Wawointana, untuk tahun ini anggaran dandes yang masuk terjadi penurunan. Karena tahun lalu dandes untuk Kabupaten Mitra Rp 103 miliar. Turun sekira 10 miliar. Dia pun menjelaskan, penurunan dandes berdasarkan turunnya angka kemiskinan. "Karena angka kemiskinan di Mitra turun. Jadi dandes yang diberikan dari pusat juga turun," tandasnya. (cw-01/tan)

Kirim Komentar