11 Okt 2018 10:25

Dana Penanggulangan Bencana Dianggarkan Tahun Depan

MyPassion
Robby Ngongoloy

MITRA—Penanganan bencana bakal menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Mitra. Bahkan pada tahun 2019 nanti, bakal dianggarkan dana penanggulangan bencana, yang sebelumnya hanya memanfaatkan dana tak terduga. "Untuk tahun depan nanti bakal ada anggaran penanganan bencana. Karena memang melihat situasi akhir-akhir ini," kata Sekretaris Kabupaten Mitra Robby Ngongoloy.

Menurut Ngongoloy,  pihaknya bakal melakukan sosialisasi penanganan bencana untuk semua kalangan. Sehingga sampai anak kecil pun dapat memahami jika terjadi bencana alam. Serta memperbaiki jalan penyelamat untuk evakuasi jika terjadi bencana. "Ini bakal jadi fokus kami. Meski memang untuk simulasi sudah sering kami lakukan. Namun tetap akan kami tingkatkan," jelasnya.

Selain itu diakui Ngongoloy, Mitra sendiri merupakan daerah yang rawan terjadi potensi bencana. Karena selain diapit gunung berapi, juga mempunyai wilayah laut. Sehingga bisa saja bencana mengancam kapan saja. "Untuk itu, setiap ada potensi kami selalu ingatkan warga waspada. Kemudian saat musim hujan Mitra sangat rawan lonsor," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana (BPBD) Ferry Uway mengatakan, dalam penanganan bencana sebelumnya pihaknya selalu mengalami kesulitan pada anggaran. "Misalnya dalam penanganan longsor. Kami hanya koordinasi dengan PU. Sedangkan untuk anggaran digunakan dana pribadi. Atau dana tak terduga dari APBD," katanya.

Untuk itu, dengan adanya anggaran penanganan bencana tahun depan, tentu bakal disambut baik. "Apalagi Mitra jadi daerah nomor dua rawan bencana. Terutama saat hujan, longsor sudah sering menjadi langganan," tandasnya. (cw-01/tan)

Kirim Komentar