11 Okt 2018 10:52
Untuk Antisipasi Bencana

Alokasi DSP Sentuh 1 Miliar

MyPassion
Bob Wuaten

SITARO—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro sigap dalam penanganan bencana. Kabupaten dengan sebutan Bumi Karamando itu jadi daerah pertama di Sulut yang menerapkan Dana Siap Pakai (DSP). Ini sesuai instruksi BNPB. Plt Kepala BPBD Ch Bob Wuaten menjelaskan, Rp 1 miliar anggaran dialokasikan sebagai DSP. "Ini merupakan anggaran yang diperuntukkan bagi antisipasi jika terjadi bencana," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam konteks pencegahan dan penanganan bencana, sejatinya tak hanya domain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tertentu. "Namun ini lintas sektoral, melibatkan OPD berkompeten lainnya. Karena proses pencegahan maupun penanganan perlu keterlibatan berbagai pihak," ungkapnya.

Sebelumnya, Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, umumnya daerah belum apresiatif terkait pencegahan dan penanggulangan bencana. Sebab alokasi dana bencana tiap daerah harusnya dua persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Namun rata-rata daerah belum menerapkan hal itu. Meski begitu, penataan anggaran ini tak serta merta hanya pada satu instansi saja," terangnya. Dalam hal ini menurutnya, melibatkan instansi lain yang disesuaikan dengan program kerja OPD terkait. “Ini juga perlu komitmen dari OPD bersangkutan," pungkasnya. (drp/gel)

Kirim Komentar