10 Okt 2018 16:03

Duta Besar AS di PBB Nikki Haley Mengundurkan Diri

MyPassion
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Halley tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa, (9/10). Bertemu Haley di Oval Office, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia telah melakukan pekerjaan fantastis (Al Jazeera)

MANADOPOSTONLINE.COM — Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Halley tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa, (9/10). Bertemu Haley di Oval Office, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia telah melakukan pekerjaan fantastis.

Duduk di samping Trump, Haley mengatakan tugasnya selama 18 bulan di PBB adalah kehormatan seumur hidup. Pengganti Halley akan diumumkan namanya dalam dua atau tiga minggu ke depan.

Laporan media AS mengutip pejabat pemerintah yang mengatakan secara pribadi bahwa kepergian Haley adalah kejutan bahkan untuk Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Sementara itu, muncul spekulasi bahwa Haley memiliki ambisi untuk menantang Trump dalam pemilihan tahun 2020. Dia mungkin dilihat sebagai alternatif Partai Republik yang lebih moderat untuk masa kepresidenannya.

Tapi Haley langsung membantah rumor itu. "Tidak, aku tidak mencalonkan diri," katanya dilansir dari AFP Rabu (10/10).

Trump mengatakan, Haley sudah menyampaikan kepadanya sekitar enam bulan yang lalu bahwa dia berpikir untuk meninggalkan jabatannya pada akhir tahun untuk mengambil sedikit waktu luang.

Trump kemudian mengatakan ia memiliki lima orang dalam daftar pendeknya untuk menggantikan Haley, termasuk mantan penasihat keamanan nasionalnya Dina Powell. Dia tidak memberikan empat nama lain yang ada dalam pikirannya.

Sementara Richard Grenell, duta besar AS saat ini untuk Jerman dan mantan juru bicara AS di PBB, tidak ada dalam daftar, Trump mengatakan dia bersedia mempertimbangkannya untuk jabatan itu. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar