10 Okt 2018 13:12

Dua Sangadi di Boltim Diberhentikan

MyPassion
Amin Musa

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemberhentian dua sangadi di Kabupaten Boltim menjadi warning. Yaitu Sangadi Modayag Tiga Acan Ilyas dan Sangadi Bulawan Dua Namriah Paputungan.

Asisten Satu Bidang Pemerintahan Boltim Amin Musa menjelaskan, pemberhentian tersebut hanya bersifat sementara. Sebab bisa diaktifkan kembali jika ke dua sangadi tersebut sudah bisa menunjukan perubahan sikap yang baik dan sudah bisa memimpin masyarakat di desa. "Pemberhentian tersebut murni karena mereka melanggar Undang-undang dan menciptakan suasana yang kurang kondusif di desa," jelasnya.

Menurut dia, Sangadi Modayag Tiga diberhentikan karena ada temuan dari Inspektorat yang berkaitan dengan penyelewengan anggaran dandes. Lanjutnya, sementara untuk Sangadi Bulawan Tiga diberhentikan karena melanggar pasal 29 UU/6/2016. Di mana setiap sangadi wajib menjaga kondusif desa dan tidak bisa mengkotak-kotakan masyarakat. "Tapi yang dilakukan oleh Sangadi Bulawan Dua adalah kebalikan dari hal tersebut. Sehingga diberhentikan oleh bupati. Pemberhentian tersebut bukan karena kemauan bupati, tapi atas perintah UU. Siapa saja yang melanggar UU harus diberikan sanksi," jelasnya, seraya menambahkan SK pemberhentian tersebut tidak ada batas waktu.

Sementara itu, Paputungan saat dimintai keterangan mengaku ikhlas dengan semua hal yang sudah terjadi. "Semua adalah konsekuensi yang harus diterima," singkatnya. Sebelumnya, Bupati Boltim Sehan Landjar mengimbau kepada semua sangadi untuk bersikap profesional dan tidak menciptakan keresahan di tengah masyarakat. "Harus profesional. Jangan berani menciptakan keresahan dimasyarakat. Pasti akan ada sanksi tegas," tukasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar