09 Okt 2018 08:19
Bikin Macet dan Potensi Lakalantas

Traffic Lights Empat Bulan Mati

MyPassion
Potret aktivitas lalu lintas di pertigaan Wanea samping pos PJR, Senin (8/10). Kemacetan sering terjadi, karena traffic lights tidak berfungsi. (Reza Mangantar/ MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Perawatan traffic lights (lampu lalu lintas) di Manado perlu diperhatikan serius. Apalagi ada traffic lights yang sudah empat bulan mati atau tidak berfungsi. Seperti traffic lights di pertigaan Wanea.

“Sudah lama lampu lalu lintas di pertigaan Wanea seperti dibiarkan mati,” ungkap Ricard Patimuru, salah satu pengendara, kemarin.

Menurut dia, dengan tidak berfungsinya traffic lights tersebut, sangat mengganggu dan merugikan pengguna jalan. Karena menyebabkan kemacetan dan berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Kendaraan yang lewat di situ tidak ada yang mau mengalah. Buktinya ada yang hampir bertabrakan karena tidak ada lampu lalu lintas,” ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah dapat segera memperbaiki lampu lalu lintas tersebut. “Jangan dibiarkan saja mati,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Manado M Sofyan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Manado Donald Willar mengatakan, traffic lights di pertigaan Wanea merupakan tanggung jawab Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut karena jalan nasional.

“Kami sudah menyurat ke BPTD untuk memperbaiki traffic lights tersebut. Dari informasi anggaran untuk perbaikan lampu lalu lintas sudah sementara lelang,” jelasnya.

Sementara, Kepala BPTD Wilayah XXII Sulut Sigit Mitarso membenarkan, anggaran untuk perbaikan lampu lalu lintas di Wanea sementara proses lelang.

“Kemungkinan dua minggu depan pekerjaan perbaikan lampu lalu lintas sudah mulai. Bukan hanya memperbaiki lampu lalu lintas di pertigaan Wanea, tetapi juga traffic lights yang sudah rusak di beberapa titik di Sulut,” sebutnya.

Dia juga meminta maaf, kalau perbaikan traffic lights di pertigaan Wanea lambat. “Sebab pihaknya harus menunggu anggaran di perubahan,” ungkapnya. (*/can)

Kirim Komentar