09 Okt 2018 12:38

Kejar Target, Lakukan Perekaman Online

MyPassion
Warga melakukan perekaman E-KTP. (Dok Humas)

BOLTIM---Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Boltim kini telah melakukan sistem perekaman online E-KTP untuk warga Boltim. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dukcapil Elvira Ubud, kemarin.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk mempercepat perekaman E-KTP, agar bisa rampung di akhir tahun. "Saat ini sudah rekam online. Tidak perlu menunggu lama lagi. Hari itu direkam, hari itu juga E-KTPnya dicetak," katanya.

Dia menjelaskan, total wajib E-KTP di Boltim ada sekitar 51 ribu. Hingga September, tercatat sekitar 49 ribu yang sudah melakukan perekaman. Artinya masih ada  2 ribu yang harus dikejar. "Yang belum tinggal sedikit. Tapi sekarang kami sekalian melakukan perekaman untuk pemilih pemula," sebutnya.

Ubud pun belum bisa memastikan berapa total pemilih pemula yang akan melakukan perekaman. Karena pihaknya belum mendata secara rinci. "Belum pasti. Karena kami baru akan pergi ke sekolah-sekolah untuk mendata murid mana saja yang lahir 2001 dan 2002 atau yang sudah 16 tahun. Insya Allah esok (hari ini,red) sudah ada data yang pasti," ungkapnya. 

Dia pun menekankan, sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan pada masyarakat, pihaknya turun langsung ke setiap kecamatan dan langsung melakukan perekaman. "Jadi kami memang turun ke desa dan juga kecamatan. Setelah di Kotabunan kami akan turun ke Bulawan Bersatu," katanya.

Dia mengakui, kondisi di kantor Dukcapil sudah tidak memungkinkan. Karena terlalu sempit. Sementara jumlah masyarakat yang merekam sangat banyak. "Kalau di kantor setiap hari ramai. Tapi tempat yang sudah tidak memungkinkan. Jadi untuk mempercepat perekaman kami melakukan aksi jemput bola agar masyarakat lebih mudah," tukasnya. (tr-01/ite)

 

Kirim Komentar