09 Okt 2018 08:44

Artis Cantik Ini Bersih-Bersih Pantai Bunaken

MyPassion
NADINE Chandrawinata saat membersihkan sampah di Pantau Bunaken, Minggu (7/10). (Billy Kohler for MP)

ARTIS cantik Nadine Chandrawinata, Minggu kemarin menyambangi Manado. Bersama komunitas pegiat lingkungan yang ia dirikan, Seasoldier, istri Dimas Anggara ini menjajal Sailing Dolphin dan Beach Clean Up di Taman Nasional Bunaken.

 

“Urutan obrolan hangat teratas tetap menjadi milik sampah, mengulik datangnya dari mana saja. Ya, segala arah dalam bumi, semua berkesinambungan. Yang kami lakukan siang ini adalah memancing ingatan kami bagaimana pertama kali merangkak menjaga planet biru,” tulisnya di caption foto kegiatan selama di Bunaken.

Sementara itu, Dinni Septianingrum, yang ikut mendirikan Seasoldier menuturkan, sekira 72 orang ikut berpartisipasi. “Selama kurang lebih 1 jam kami menuju titik temu lumba-lumba di sekitar Pulau Nain. Antusias para peserta begitu terasa ketika puluhan lumba-lumba melompat riang di sekitar kapal kami. Dalam kegiatan ini, kami belajar bahwa melihat lumba-lumba seharusnya langsung ke alamnya," ujarnya.

Menurutnya, lumba-lumba adalah hewan yang suka bersosialisasi dengan jenisnya. "Di laut bebas, lumba-lumba yang memiliki sifat aktif, riang, dan bergerombol dengan keluarga, menjadi alasan kami untuk tertawa dan ingin terus menjaga lumba-lumba agar tidak berpindah ke sirkus keliling. Seperti yang kita tahu, sirkus keliling amatlah menyiksa mereka. Melalui kampanye Dolphin Soldier, kami menyuarakan hak lumba-lumba untuk tetap tinggal pada habitatnya," jelasnya.

Di Bunaken lanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi singkat, serta diakhiri dengan Beach Clean Up. "Kami mengumpulkan 30 karung sampah plastik yang hasilnya dibawa kembali ke Manado melalui teman-teman Bank Sampah Manado untuk didaur ulang. Kesadaran akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, masih harus terus ditingkatkan, dimulai dari diri sendiri," tukasnya.(tan)

Kirim Komentar