05 Okt 2018 13:23

120 Lembaga Tampung Siswa PAUD

MyPassion
Rukmi Simbala

KOTAMOBAGU—Ketersediaan sarana dan prasarana Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Kotamobagu  sudah sangat memadai.  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kotamobagu Rukmi Simbala, melalui Kepala Seksi PAUD Gaeda Gonibala menyebutkan, terdapat 120 lembaga PAUD di Kotamobagu yang mampu menampung para siswa. "Kita punya banyak lembaga PAUD, belum lagi lembaga lain untuk proses pembelajaran anak usia dini," kata Gaeda, Kamis (4/10).

Namun menurut Gaeda, partisipasi dari para orang tua untuk menyekolahkan anaknya secara berjenjang sangat kurang. Padahal, proses belajar awal melaui PAUD sangat penting untuk pendidikan mental anak didik.

"Di sini masih banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya langsung ke taman kanak-kanak atau sekolah dasar, padahal PAUD itu sangat panting untuk membentuk karakteristik anak itu sendiri," ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau orang tua untuk menyekolahkan anaknya terlebih dahulu melalui PAUD kemudian ke sekolah berjenjang lainnya.

"Anak-anak itu perlu melakukan proses pendididkan melalui KB, kemudian TK baru lanjut ke SD. Jika terbiasa dengan orang banyak, maka mereka sudah tidak kaku. Untuk itu saya mengimbau masyarakat khususnya ibu-ibu yang baru memasukkan anaknya ke sekolah agar melalui proses pendidikan yang ada," imbau Gonibala.

Lanjutnya, ada beberapa PAUD yang tersebar di empat kecamatan di Kotamobagu. "Diantaranya, TK ada ada 53, kelompok bermain (KB) 23, taman penitipan anak (TPA) dua dan satuan pendidikan sejenis (SPS) sebanyak 42," tandasnya. (tr-06/tan) 

Kirim Komentar