30 Sep 2018 21:04

Situs Dewan Pers Diretas, Hacker Tulis `Aku Cinta Kamu Sarah`

MyPassion
Ilustrasi enkripsi. (Thinkstock)

MANADOPOSTONLINE.COM - Situs web milik Dewan Pers menjadi korban peretasan, Minggu (30/9) sekira pukul 18.00 WIB.

Halaman beranda situs tidak menampilkan informasi lembaga seperti biasanya, melainkan tulisan tentang percintaan. Ini bukti situs tengah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

Hacker tidak menyebutkan identitas diri ketika meretas situs web Dewan Pers. Mereka hanya mengganti informasi lembaga dengan tulisan pecintaan.

"Aku cinta kamu Sarah, tapi kamunya gak tau cinta aku apa engga," tulis hacker di halaman depan situs web Dewan Pers.

Peretasan sendiri tak berlangsung lama. Hingga pukul 19.30 WIB, situs web Dewan Pers tidak lagi bisa diakses pengguna.

Nezar Partia, selaku anggota Dewan Pers, mengonfirmasi situs lembaga diretas oleh hacker. Ia menambahkan pihaknya sudah bergerak menangani isu ini.

"Betul (diretas). Penanganan lagi dilakukan, itu kan berkali-kali sudah diretas karena (situs) cukup rentan. Saya tidak tahu tujuannya apa, apakah sedang latihan atau ada tujuan lain," kata Nezar seperti dilansir dari Kumparan.com.

Kasus peretasan ini sendiri sudah dilaporkan ke pihak kepolisian unit cyber crime. Sementara situs web Dewan Pers diakui Nezar masih dalam penanganan tim teknis.

Nezar juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memperhatikan soal peretasan ini, khususnya pertahanan situs web. Hal ini dikarenakan situs dibuat oleh sekretariat Dewan Pers yang didukung Kominfo, sehingga ditakutkan ada penyalahgunaan data oleh hacker. (Kumparan.com/mpo)

Kirim Komentar