29 Sep 2018 11:03
Incar Sirip Hingga Daging

Si Ganas yang Diburu

MyPassion

MANADO—Masih ingat film The Meg yang bercerita tentang hiu ganas? Ternyata di perairan Sulawesi Utara (Sulut), terdapat beberapa spesies hiu. Tapi untungnya, tak ada hiu ganas seperti yang ditampilkan di The Meg. Di Sulut hiu akrab dengan sebutan ‘ikan gorango’.

Berbagai jenis ditangkap nelayan. Mulai dari ukuran paling kecil berdiameter 20 cm dan panjang sekira satu meter, hingga terbesar itu panjangnya lebih dari tiga meter. Dari keterangan para ahli perikanan, hiu yang dagingnya bebas dijual di pasaran berjenis silvertip shark dan spot tail shark (black pit). Dua jenis ini bisa ditemukan di pasar tradisional.

Seperti di Pasar Lolak, Kabupaten Bolmong. Juga beberapa waktu lalu, seorang nelayan asal Minahasa Utara (Minut) menjajakannya di kawasan Kota Manado. Kemudian ada juga nelayan yang mengincar siripnya. Ketua Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan Unsrat Dr Ir Johnny Budiman MSi MSc mengatakan, ketika dijual sirip hiu lebih mahal dibandingkan dagingnya. “Sirip kering biasanya 200 ribu/kg dan daging 20 ribu," katanya.

Selain di Bolmong, beberapa daerah di Sulut juga tak asing dengan penangkapan hiu. Di antaranya di daerah Kapataran dan Kombi Minahasa, perairan Minahasa Utara, dan daerah kepulauan di Sangihe, Sitaro, dan Talaud. Manado Post berkesempatan mengikuti nelayan di Kombi, Minahasa, mencari ikan. Para nelayan ini mengaku, sering menangkap hiu, meski itu bukan buruan utama mereka.

Dari penelusuran harian ini, pencarian dilakukan dengan beberapa cara. Namun biasanya, nelayan melakukan penangkapan dengan menanam pukat atau jala di perairan laut dangkal. Dalam beberapa jam, beragam jenis ikan dengan jumlah lumayan banyak berbagai ukuran diperoleh. Waktu menanam pukat, dilakukan siang dan dipanen malam hingga pagi hari.

Warga Desa Ranowangko 2 Kecamatan Kombi Fike Wales mengakui hiu sering ditemukan di perairan ini. Pria yang ditemui di pantai Ranowangko (Pantera) ini mengungkapkan, tak jarang setiap melakukan penangkapan ikan dengan pukat, ada hiu masuk perangkap.

123
Kirim Komentar