28 Sep 2018 09:21

Netralitas ASN Harus Jadi Teladan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Masa kampanye Pilpres 2019 saat ini sudah bergulir. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bitung, mewanti-wanti netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi contoh dan teladan bagi berbagai kalangan. "Dalam waktu dekat ini kami akan segera melaksanakan pertemuan dengan pemerintah kota terkait sosialisasi netralitas ASN," ucap Ketua Bawaslu  Bitung Deiby Londok.

Dia mengatakan, sebetulnya pertemuan dengan pemerintah sudah pernah dilakukan namun baru sebatas perkenalan. "Sejauh ini kami telah memberikan imbauan kepada pemerintah kota terkait apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh ASN sepanjang masa kampanye ini," ujarnya.

Lanjutnya, fasilitas negara tidak bisa digunakan oleh paratai politik (parpol) apapun untuk kepentingan pemilihan umum (pemilu). "Penggunaan fasilitas negara juga menjadi salah satu materi kami ketika nanti akan melaksanakan sosialisasi ke pemerintah kota," tuturnya.

Londok mengatakan, pihaknya akan fokus mengawasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk ASN dan penggunaan fasilitas negara. "Kami juga tentu membutuhkan kerja sama dari masyarakat karena keberadaan kami tidak banyak. Tentu membutuhkan bantuan dari masyatakat sekalian. Seandainya ada temuan misalnya ada kendaraan dinas yang digunakan saat kampanye dengan bukti yang jelas silakan laporkan pada kami," tandasnya.

Senada, Anggota Bawaslu Bitung Sammy Rumamby mengatakan, saat ini pihaknya masih sedang merencanakan sosialisasi terkait ASN. "Kami akan merapatkan dulu untuk kapan tepatnya pertemuan bersama pemerintah kota," ucapnya.

Rumamby melanjutkan, Bawaslu akan terus mengawasi semua pihak termasuk ASN dan penggunaan fasilitas negara. "Diharapkan ada pengawasan partisipatif dari seluruh elemen masyarakat terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dengan menyampaikan laporan kepada kami," pungkasnya. (tr-07/tan)

Kirim Komentar