25 Sep 2018 12:32

Baru Dua Orang Daftar Pilsang Poyowa Kecil

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM — Pendaftaran Sangadi (pilsang) Desa Poyowa Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan mulai dibuka. Sejauh ini, baru dua orang yang mendaftarkan diri sebagai peserta calon sangadi. Sekretaris Desa Poyowa Kecil Jupriadi Bonok mengatakan, pendaftaran akan ditutup pada 7 Oktober mendatang. "Kami sudah mulai buka pendaftaran sejak Jumat kemarin," ungkap Bonok, Senin (24/9)

Dia menjelaskan, peserta calon sangadi harus warga desa tersebut. Sementara untuk peserta calon sangadi tidak boleh lewat dari tiga orang. Kalaupun lebih, maka harus dilakukan seleksi kembali jadi tiga peserta. "Kemungkinan lebih dari tiga pesertanya. Namun akan dilakukan seleksi kembali karena peraturannya harus tiga peserta. Jadi, nanti seleksinya akan dilaksanakan oleh pihak Pemdes sendiri," ujarnya.

Terpisah, Kasubag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Wiwi Sabunge menambahkan, pemilihan sangadi antar waktu tersebut dilakuakan untuk mengisi kesosongan jabatan sangadi Poyowa Kecil. "Sangadi lama kan baru dua tahun menjabat namun sudah meninggal dunia, digantikan Pjs selama satu tahun. Sehingga dilakukan pilsang antar waktu ini untuk meneruskan masa jabatannya yang masih tiga tahun lagi," terangnya.

Untuk proses pemilihan lanjut Wiwi, akan diwakilkan oleh empat orang keterwakilan dari 14 unsur masyarakat. Seperti keterwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). "Jadi tiap unsur itu ada keterwakilan sebanyak empat orang. Mereka yang nantinya akan mewakili unsur lembaga tersebut untuk melakukan pencoblosan nanti," jelasnya.

Wiwi menambahkan, jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut jadi peserta Pilsang, maka terlebih dahulu mengurus cuti dan sesuai rekomendasi dari wali kota. "Kalau ASN aturannya seperti itu," tukasnya. (tr-06/tan)

Kirim Komentar