22 Sep 2018 09:59

Target PAD Naik, Pemkot Tomohon Wajib Kerja Ekstra

MyPassion
Gerardus Mogi

MANADOPOSTONLINE.COM — Kerja keras wajib dilakukan Pemerintah Kota Tomohon di tahun 2019. Pasalnya, dalam rapat paripurna DPRD tentang penyampaian rancangan peraturan daerah APBD tahun 2019 Kamis (20/9) lalu, ditetapkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 72,8 miliar, atau naik sekira 55.69 persen. “Memang dari sisi jumlah naik signifikan, ini yang harus diperhatikan baik seluruh dinas. Ataupun kontributor baik dari dalam daerah maupun pihak swasta,” ungkap Wali Kota Tomohon Jimmy Eman melalui Sekretaris Kota (Sekkot) Harold Lolowang.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tomohon Gerardus Mogi menjelaskan, dari sektornya yang mengalami kenaikan signifikan ada di pos pajak daerah. Yakni sebesar Rp 45,5 miliar. “Naiknya tajam, sekira 77,72 persen. Sementara retribusi daerah meningkat sebesar 33,14 persen menjadi Rp 11,8 miliar. Ada dua aspek yang kita utamakan di sini masing-masing PBB-P2 dan pajak mineral batuan dan bukan logam atau Galian C, yang memang perlu stimulus khusus,” papar Mogi.

Secara keseluruhan, penyusunan APBD 2019 dirangkai dengan pendekatan kinerja yang berpedoman pada prinsip efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan azas keadilan. “Kepatutan dan manfaat untuk masyarakat serta quality assurance semakin diperkuat dengan amanat permendagri nomor 38 tahun 2018 bahwa menjadi kewajiban untuk melaksanakan review sejak awal atas RKA-SKPD dan RKA-PPKD bersamaan dengan proses pembahasan RKA-SKPD dan RKA-PPKD oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah,” pungkasnya. (jul/fgn)

Kirim Komentar