22 Sep 2018 14:49

Tambang Ilegal Terus Diburu

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM — Penutupan tambang tak berizin atau ilegal terus diseriusi Pemprov Sulut. Hal ini diungkapkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, kemarin.

"Kalau tidak ada izin, maka kita akan tutup. Tidak boleh ada tambang yang membahayakan. Kita di tahun ini sudah mencabut sekira izin 60-an tambang. Tentu, kita secara tegas bakal menyisir yang lain," katanya.

OD juga mengatakan, jika ada tambang yang berdekatan dengan lokasi wisata, termasuk yang menjadi target ditutup.

Karena menurutnya, pemerintah menginginkan lokasi pertambangan tidak menggangu objek wisata.

"Kalau tambang dan objek wisata. Kita lebih pilih objek wisata. Jangan sampai karena tambang objek wisata kita terganggu. Apalagi itu ilegal. Akan langsung kita tutup. Kita juga sudah komitmen untuk memperbaiki pertambangan kita menuju lebih baik," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut BA Tinungki mengakui, masih banyak tambang tak berizin atau ilegal. Menurutnya, salah satu kendala sulitnya menutup pertambangan ilegal karena letak geografis yang sulit.

"Kita memang sampai di lokasi. Namun ketika sudah ditutup, 2-3 hari ke depan mereka balik. Kita jugakan tidak bisa menjaga lokasi selama 1x24 jam. Serta mereka ini, serta ditutup satu tambang, mereka berpindah cari tempat lain. Jadi memang sangat sulit untuk menutup yang ilegal ini," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar