21 Sep 2018 10:07

Tak Persoalkan Nomor Urut

MyPassion

JAKARTA—Pengundian nomor urut pasangan capres dan cawapres akan digelar nanti malam. Nomor ini penting bagi setiap pasangan calon karena menjadi pedoman dalam berkampanye. Dalam kegiatan tersebut, kedua paslon wajib hadir untuk mengambil sendiri nomor urut yang akan tertera dalam kertas suara.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra menjelaskan, kegiatan akan dimulai pukul 20.00. masing-masing cawapres akan mengambil undian untuk menentukan siapa yang mengambil nomor urut lebih dahulu. Setelahnya, barulah secara bergantian kedua capres mengambil nomor urut. “Nanti dibukanya secara bersamaan,” tutur mantan Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh itu dilansir dari Jawa Pos (grup Manado Post).

Sesi pengundian nomor urut akan diakhiri dengan penetapan oleh KPU. Kemudian, masing-masing paslon diberi kesempatan menyampaikan pidato singkat. Berbeda dengan sesi pendaftaran paslon, tidak ada lagi sesi konferensi pers setelah kegiatan tersebut. Masing-masing paslon dipersilakan membawa serta para pendukungnya, maksimal 150 orang.

Terdiri dari 50 VIP dan 100 pendukung non-VIP. “Nanti 100 orang di bawah, 50 orang VIP ke dalam sini,” tambahnya. 200 pendukung kedua paslon akan ditempatkan di tenda yang disiapkan di halaman parkir KPU.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Joko Widodo-Ma’ruf Amin siap datang ke kantor KPU untuk mengikuti pengundian nomor urut. Sekretaris TKN KIK Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan apakah akan mendapatkan nomor urut 1 atau 2. “Semua mencerminkan sebuah gambaran bagaimana seharusnya kontestasi dilakukan untuk kemajuan bangsa,” terang dia saat ditemui di kantor DPP PDIP kemarin.

Menurut dia, pemilu harus menampilkan gagasan kontestasi kebudayaan, peningkatan demokrasi, dan program-program unggulan untuk rakyat. Untuk itu, kata dia, pihaknya akan menyiapkan acara sederhana, tapi penuh dengan tradisi kebudayaan dalam pengambilan nomor urut hari ini.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengatakan, Ketua TKN KIK Erick Thohir sudah menyiapkan tim kreatif untuk mengemas kegiatan pengambilan nomor urut. Hasto mengatakan, rombongan pasangan Jokowi-Ma’ruf akan berkumpul di rumah aspirasi Jalan Proklamasi.

Mereka kemudian akan berangkat bersama ke kantor KPU. Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, Jokowi akan menyampaikan sambutan sebelum berangkat ke KPU. Hasto belum bisa menyampaikan kendaraan yang akan digunakan dalam arak-arakan pengambilan nomor urut. “Kita lihat saja nanti. Pasti menarik,” terang dia.    

12
Kirim Komentar