21 Sep 2018 10:26

Pala Tua Bakal Diganti

MyPassion
Ilustrasi

SITARO — Dalam menjaga mutu dan kualitas pala Siau, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Dinas Pangan dan Pertanian akan melakukan pembagian bibit pala kepada kelompok tani di Pulau Karangetang. Hal tersebut diungkapkan Kadis Pangan dan Pertanian James Makasenda. Ia membeberkan, pemberian bibit tersebut untuk mengganti pohon pala yang sudah berusia di atas 10 tahun atau rusak karena kemarau panjang.

"Sebab pohon yang sudah lebih dari 10 tahun, tidak dapat dikategorikan produktif lagi. Karena adanya penurunan dari segi kuantitas produksi. Maka untuk memaksimalkan, kita memberikan pembibitan baru. Supaya dari segi kuantitas produksi dan mutu, kita dapat memenuhi permintaan pasar," jelasnya.

Terkait sumber anggaran pemberian bibit tersebut, Makasenda menjelaskan akan diberikan Kementerian Pangan dan Pertanian, pemerintah provinsi serta dianggarkan melalui APBD daerah jika masih ada yang belum tercover. "Tentu ini diharapkan didukung oleh para petani pala," singkatnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Richard Sasmombo menambahkan, sampai sejauh ini pihaknya terus melakukan pendataan. "Kita turun langsung meninjau lokasi. Hingga saat ini masih berproses untuk mengetahui jumlah pasti berapa bibit pala yang dibutuhkan, serta melihat respon masyarakat seperti apa. Namun sejauh ini masyarakat meresponnya dengan positif," singkatnya. (drp/gel)

Kirim Komentar