20 Sep 2018 12:06

Identitas 16 Ribu Warga Sangihe Terancam Diblokir

MyPassion
Davidson Djarang

MANADOPOSTONLINE.COM — Upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sangihe, agar masyarakat mengantongi E-KTP terus dilakukan. Namun sayang, hingga saat ini masih ada 16 ribu warga yang belum mengantongi identitas wajib tersebut.

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Informasi Administrasi Kependudukan (IAK) Dukcapil Davidson Djarang. Jika tak melakukan perekaman hingga akhir tahun ini, siap-siap Ditjen Dukcapil Kemendagri bakal melakukan pemblokiran data bagi wajib E-KTP yang tak kunjung melakukan perekaman.

Diungkap Djarang, pihaknya memanfaatkan kegiatan pameran di Manado untuk melakukan perekaman data, sekaligus penerbitan fisik E-KTP. “Jadi saat ini tercatat masih ada kurang lebih 16 warga Sangihe yang berada di luar daerah belum mengantongi E-KTP. mereka belum melakukan perekaman karena faktor pekerjaan, pendidikan, dan berdomisili di luar daerah,” ungkapnya.

Apalagi untuk menyukseskan pemilihan presiden dan wakil Presiden tahun 2019, bupati sudah menginstruksikan untuk memacu perekaman. “Ini juga sesuai peraturan perundang-undangan. Setiap warga negara yang akan mengikuti pemilihan umum, wajib mengantongi E-KTP,” pungkasnya. (wan/gnr)

Kirim Komentar