20 Sep 2018 09:27
DCT Diplenokan Hari Ini

Empat Bacaleg di Bitung Gugur

MyPassion
Desly Sumampow

MANADOPOSTONLINE.COM — Setelah mengklarifikasi draf rancangan persiapan Daftar Calon Tetap (DCT), 377 bakal calon legislatif (bacaleg) diakomodir Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebelumnya ada 381 yang siap bertarung dalam kontestasi ini. "Empat orang dinyatakan tidak lagi akan ikut. Keempat bacaleg ini, berasal dari Partai Berkarya dan pihak partai tidak melakukan penggantian," ucap anggota Komisioner KPU Syarifudin Hasan SPdI.

Dia mengatakan, untuk kuota penambahan dalam tahapan ini sudah tidak bisa lagi kecuali partai yang bersangkutan melakukan penggantian. "Untuk alasan kenapa para bacaleg ini tidak melanjutkan lagi ke tahapan berikutnya atau telah mengundurkan diri, merupakan ranahnya partai serta caleg itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bitung Desly Sumampow mengatakan, data tersebut merupakan hasil dari klarifikasi yang telah dilakukan Selasa (18/9) lalu. "Memang untuk data sudah seperti itu, tapi belum dikatakan resmi karena masi akan melalui pleno terakhir yang akan dilaksanalan besok (hari ini)," ujarnya.

Lanjutnya, dilihat dari jumlah tersebut memang sangat disayangkan ketika sudah di tahap seperti ini kemudian mengundurkan diri, apalagi sampai tidak ada pengganti. "Sebagai penyelenggara pemilu kami hanya dapat memroses apa yang dimasukkan oleh parpol," pungkasnya.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Berkarya Bitung Yunitha Roring membenarkan bacaleg dari partainya dinyatakan gugur atau telah mengundurkan diri. Beberapa mengundurkan diri dengan alasan pekerjaan yang berada di luar daerah. "Hal tersebut saya rasa masih wajar, karena akan sia-sia jika terus lanjut ke tahapan selanjutnya tapi tidak berada di Bitung. Artinya tidak dapat berhadapan langsung dengan para pemilih," pungkasnya. (tr-07/tan)

Kirim Komentar