19 Sep 2018 16:59

Kuota CPNS di Bolsel Belum Mencukupi

MyPassion
Arsalan Makalalag

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 295 kouta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bolsel, tidak bisa menutupi kekurangan pegawai di lingkungan Pemkab Bolsel. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Arsalan Makalalag, melalui Sekretaris BKPSDM Heningsih paputungan.

Menurut Paputungan, jumlah CPNS yang akan diterima memang belum bisa memenuhi kebutuhan pemerintahan, baik itu di bagian kesehatan, tenaga pengajar, dan lain-lain. "Idealnya setiap kabupaten/kota itu memiliki PNS sekitar 3000-an orang. Sedangkan di Bolsel saat ini hanya memiliki 1600-an PNS. Solusinya yah, kita memaksimalkan tenaga yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Data Shandy Lamato menuturkan, sebelumnya pemkab telah mengusulkan ke pusat penambahan CPNS sebanyak 625 orang. "Berdasarkan analisa jabatan (anjab), kita memerlukan pegawai memang jumlah segitu, sebab Bolsel sangat kekurangan pegawai. Terlebih di bagian tenaga pengajar dan kesehatan," tutur Shandy.

Dijelaskannya, tahun ini ada sekitar 20-an PNS dibeberapa instansi yang akan berakhir masa baktinya. "Ada beberapa PNS yang sudah harus pensiun, ada juga yang meninggal dunia dan mengundurkan diri karena ingin maju di Pileg 2019 mendatang," terang Shandy.(cw-04/ite)

Kirim Komentar