19 Sep 2018 15:57
Pelantikan Diprediksi Nanti Desember

Hari Ini, KPU Sahkan Kemenangan Depri-Amin

MyPassion

MANADO—Setelah cukup lama bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK), nasib Pilkada Bolmong Utara (Bolmut) sudah diputuskan Senin (17/9). Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon mengatakan, penetapan Bupati dan Wabup terpilih Bolmut, akan dilaksanakan hari ini.

Di mana sesuai pleno suara beberapa waktu lalu, pasangan Depri Ponto dan Amin Lasena unggul. "Rencananya dilaksanakan sore. Karena pagi ada pemakaman salah satu anggota KPU Bolmut yang meninggal dunia," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, penetapan bupati dan wabup terpilih baru dilaksanakan saat ini, karena menunggu  putusan dari MK. "Setelah putusan dari MK keluar, kami diberikan waktu selama tiga hari untuk melakukan penetapan," tukasnya. Saat ditanya terkait pelantikan, Tinangon mengatakan, itu adalah kewenangan Kemendagri.

Di sisi lain dia menjelaskan, dalam persidangan di MK, semua gugatan dari pemohon ditolak. “Kan ada beberapa. Jadi MK menolak terkait adanya ketidaknetralan ASN dan DPT, serta beberapa poin lain yang dipermasalahkan oleh pemohon,” sebut Tinangon.

Sementara mengenai waktu pelantikan belum dipastikan akan serentak bersama empat daerah lainnya, Minahasa, Sitaro, Minahasa Tenggara, dan Kotamobagu. “Sampai saat ini, hanya empat daerah yang SK-nya dikirimkan ke Kemendagri,” ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong. Dia memprediksi, pelantikan Bupati dan Wabup Bolmong Utara akan dilakukan pada kloter kedua yakni Desember mendatang. “Kita tinggal tunggu petunjuk seperti apa,” tandasnya.(ria/gel)

Kirim Komentar