19 Sep 2018 15:11

Awal Oktober Masuk Rekening, 808 Guru Mitra Diguyur 8,2 M

MyPassion
Djelly Waruis

MANADOPOSTONLIN.COM—Sekira 808 guru bersertifikat segera menikmati kuncuran dana tunjangan sertifikasi guru (TSG) triwulan III. Total anggaran Rp 8,2 miliar dipastikan cair awal bulan depan. "Untuk saat ini pencairan TSG triwulan III sudah dalam proses di Badan Keuangan Daerah. Kami pastikan awal bulan depan sudah masuk rekening penerima," ujar Kepala Dinas Pendidikan Mitra Djelly Waruis, melalui Kabid PPTK Nolly Ratela.

Meski begitu Ratela mengakui adanya keterlambatan yang disebabkan sedikit perubahan aplikasi data pokok pendidikan (dapodik) yang langsung dari pusat. "Hal tersebut karena adanya penyesuaian Permendikbud No 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru," sebutnya.

Menurut Ratela, meski ada beberapa guru sertifikasi yang pensiun dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, namun untuk pencairan TSG triwulan III terjadi sedikit kenaikan penerima. Dikarenakan makin bertambahnya jumlah guru yang lulus ujian sertifikasi. "Pada triwulan I ada 780 guru penerima TSG. Sedangkan triwulan II menjadi 808 penerima. Kemudian begitu pun dengan Triwulan III yang 808 penerima," jelasnya.

Untuk penyaluran TSG ini, diterangkan Ratela, para penerima mendapatkan beragam. Karena penerimaan berdasarkan besaran gaji pokok masing-masing guru. "Ada yang dapat Rp 12 juta. Ada yang Rp 11 juta. Serta ada yang Rp 9 juta. Semua disesuaikan gaji pokok setiap guru PNS," terangnya.

Dia menambahkan, TSG guru non PNS, dijelaskan Ratela ditranfers langsung dari pusat. "Meski sumber anggaran dari dana alokasi khusus. Tapi untuk penyaluran TSG PNS dikelola kabupaten. Sedangkan non PNS ditranfers langsung dari pusat," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Mitra Djelly Waruis mengharapkan semua guru sertifikasi agar terus semangat dalam meningkatkan disiplin kerja serta lebih profesional dalam mengemban tugas dan tanggung jawab. "Ini agar seimbang antara hak dan kewajiban sehingga layak menyandang predikat guru profesional," katanya.

Daftar Penerima TSG di Mitra :

TK: 40

SD: 445

SMP: 295

Pengawas: 28

Total: 808

Sumber: Dinas Pendidikan Mitra.

(cw-01/tan)

Kirim Komentar