19 Sep 2018 15:19

Akibat Kekurangan Siswa dan Pengajar, 41 SD di Sitaro Belum Terakreditasi

MyPassion
Agustina Budiman

MANADOPOSTONLINE.COM—Berdasarkan data, dari 103 Sekolah Dasar (SD) di Kepulauan Sitaro, 41 di antaranya belum terakreditasi. Hal tersebut membuat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro terus melakukan berbagai upaya agar seluruh SD terakreditasi. Saat diwawancarai Sekretaris Dinas Pendidikan Agustina Budiman menjelaskan, untuk SMP yang berjumlah 26 seluruhnya telah terakreditasi.

"Jadi kita saat ini mengupayakan 41 SD. Kami telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mempercepat proses akreditasi. Memang ini tidak mudah karena ada beberapa standar yang perlu dipenuhi sekolah agar dapat terakreditasi,” jelasnya. Di antaranya jumlah tenaga pendidik, anggaran, penilaian, sarana prasarana termasuk fisik gedung, isi, kompetensi kelulusan dan juga proses belajar mengajar.

"Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan. Seperti penambahan jumlah guru melalui Sitaro Mengajar. Serta ke depan kita merencanakan melakukan pemberian bantuan untuk fasilitas penunjang. Yakni penambahan bangku dan meja serta beberapa sarana lainnya," jelasnya.

Lanjut Budiman, apabila sekolah belum memenuhi standar akreditasi, berpotensi dilebur ke sekolah lain. Namun begitu, ada beberapa pertimbangan untuk meleburkan sekolah. Yakni faktor geografis serta jarak yang bisa menyulitkan para siswa. "Tentu ada beberapa pertimbangan khusus. Kita juga selaku pemerintah daerah terus berupaya memfasilitasi berbagai kebutuhan dalam rangka persiapan akreditasi ini," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar