19 Sep 2018 17:01

2 Ribu Warga Boltim Belum Miliki e-KTP

MyPassion
Rusmin Mokoagow

MANADOPOSTONLINE.COM---Dari 51 ribu warga Boltim wajib Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang sudah melakukan perekaman E-KTP sampai pertengahan September sekitar 49 ribu warga. "Sudah 49 ribu warga Boltim yang sudah memiliki E-KTP. Jadi tinggal 2.000 ribu lagi target yang harus kami kejar hingga Desember nanti," ungkap Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dukcapil Boltim Rusmin Mokoagow, melalui Sekretaris Dukcapil Erlvira Ubud, ketika ditemui kemarin.

Menurut dia, persoalan yang dihadapi Dukcapil dalam melakukan pembuatan E-KTP, yakni mesin cetak yang kurang, bahkan ruangan yang terlalu sempit. "Mesin cetak hanya tiga, dua rusak. Jadi hanya satu yang bisa digunakan. Kendala lain juga tempat, karena setiap hari banyak yang datang, seharusnya ada tempat sendiri," katanya.

Meskipun demikian, perempuan berkerudung tersebut tetap memastikan jika pihaknya akan terus turun ke setiap desa untuk mendata dan melakukan perekaman. Apalagi sudah mendekati Pileg 2019. "Setiap hari kami jemput bola, menyurati camat dan sangadi agar meminta warganya segera melakukan perekaman. Jika sudah terdata kami langsung turun melakukan perekaman dan percetakan E-KTP," jelasnya.

Dia pun optimis, jika akhir tahun nanti perekaman dan percetakan E-KTP tersebut akan rampung. "Pasti akan rampung. Kalau semuanya sudah merekam, pasti akan segera dicetak. Selagi tintanya tersedia percetakan akan terus dilakukan. Akhir tahun pasti semua wajib pilih yang ada di Boltim sudah memilili E-KTP," tukasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar