18 Sep 2018 08:40

Joker tanpa Riasan Badut

MyPassion
PENAMPILAN baru Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck alias Joker dirilis lewat foto yang diunggah sang sutradara, Todd Phillips. (Instagram Todd Phillips)

FOTO pertama Joker yang diperankan Joaquin Phoenix (43), yang dirilis kemarin (17/9) jauh dari perkiraan. Kalau Anda membayangkan Joker aka The Clown Prince of Crime dengan riasan badut dan senyum menyeringai, foto itu tidak memenuhi ekspektasi Anda. Tampilan wajah Phoenix bersih dari riasan.

Adalah sutradara Joker, Todd Phillips, yang mengunggah foto pertama Phoenix sebagai Joker di akun Instagram-nya. ’’Arthur,’’ begitu tulis Phillips pada caption. Sebelumnya memang diumumkan bahwa nama asli karakter tersebut adalah Arthur Fleck. Sepertinya, wajah di foto itulah yang akan kita temui saat perkenalan karakter di filmnya yang tayang Oktober tahun depan. Meski demikian, kemeja dan jaket hijau yang dikenakan sangat memperkuat identitas karakter. Ya, hijau kan warnanya Joker.

Ditulis Phillips dan Scott Silver (penulis skenario The Fighter dan The Finest Hour), film stand-alone tersebut bakal menceritakan asal usul karakter villain DC Comics itu. Melansir Rolling Stone, cerita Joker di film tersebut benar-benar baru dan belum pernah dihadirkan di layar lebar sebelumnya. Phoenix sendiri tidak bisa mengklasifikasikan film itu dalam satu genre khusus. Menurut dia, film tersebut unik. ’’Aku tidak akan bilang itu film superhero atau film studio,’’ katanya dalam sebuah wawancara sebagaimana dilansir Collider.

Aktor Her (2013) tersebut menambahkan, kekuatan utama film ini adalah karakter Joker yang menarik untuk dikulik. Sekitar tiga atau empat tahun lalu, Phoenix menelepon agensinya. Dia mengatakan tertarik untuk membuat film berbasis studi karakter dari satu sosok villain dalam komik dengan bujet yang lebih rendah. ’’Lalu, ketika aku dengar tentang ide ini, aku bilang, ’Oh, itu sangat menarik, itulah jenis pengalaman yang ingin aku miliki’,’’ terangnya.

Phoenix juga memuji betapa passionate-nya Phillips dalam menggarap film tersebut. Sementara film adaptasi komik yang ada sebelumnya menelan bujet yang besar, film Joker itu diperkirakan hanya memakan dana USD 55 juta (Rp 818,4 miliar). Beberapa nama besar juga dikabarkan akan bergabung dengan Phoenix dalam film tersebut. Di antaranya, Robert De Niro, Frances Conroy, Marc Maron, dan Zazie Beetz.

Alec Baldwin juga sebelumnya sempat disebutkan akan memerankan karakter Thomas Wayne. Namun, dua hari setelah kabar itu muncul, Baldwin menyatakan bahwa dirinya tidak jadi mengambil peran tersebut. Alasannya, bentrok jadwal. ’’Aku tidak lagi melakukan peran itu. Aku yakin ada 25 pria lain yang bisa memainkan peran tersebut,’’ ucapnya kepada USA Today pada Agustus lalu. (jpg/tan)

Kirim Komentar