15 Sep 2018 11:50
Dibutuhkan 253, Prioritas Tenaga Kesehatan-Guru

19 September Pemasukan Berkas CPNS

MyPassion
Daniel Pontonuwu

MANADOPOSTONLINE.COM — Penerimaan CPNS daerah akhirnya dibuka. Sejak kemarin, BKN sudah mengumumkan jumlah kuota penerimaan CPNS di daerah. Termasuk di Tomohon. Sebanyak 253 kursi CPNS dibuka. “Kemarin kan sempat terfokus di penerimaan kategori honorer. Kita baru dapat petunjuk teknis dari BKN Sulut bahwa jalur umum juga bisa. Kita diberi kuotanya 235 orang,” beber Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu, Jumat (14/6) kemarin.

Dibeberkan, dari 235 kursi tersebut, 70 persen didominasi tenaga medis. “Sisanya tenaga kependidikan dan teknis di SKPD yang masih membutuhkan tambahan,” sebut dia.  Katanya, sesuai Surat Keputusan (SK) dari MenPAN-RB, Tomohon mendapatkan kuota untuk CPNS sebanyak 253 formasi dengan rincian,  36 tenaga guru, 167 tenaga kesehatan dan 50 tenaga teknis lainnya. “Informasi lebih lanjut soal pelaksanaan tahapan penerimaan akan dipublikasikan lebih jelas pekan depan,” pungkas Pontonuwu.

Sementara, Kabid Perencanaan Administrasi Kepegawaian Eden Kawung menambahkan, rekrutmen kali ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.  “Pelaksanaan tes menggunakan sistem CAT, jauh dari indikasi kolusi ataupun kedekatan dengan pejabat. Murni karena tes yang lolos nanti,” ujar Kawung.

Dikatakannya pula, sesuai dengan petunjuk teknis soal jadwal pembukaan pendaftaran CPNS, semua yang masih memenuhi syarat ketentuan umum, bisa memasukkan berkas 19 September nanti. “Pendaftaran kita buka tanggal 19, setelah itu ada proses verifikasi berkas dan selanjutnya. Intinya, kali ini jalur umum yang kita buka. Jangan sekali-kali mencoba jalur tidak formal atau calo. Pelaksanaan tes murni sesuai hasil kompetensi dan kemampuan pelamar,” pungkasnya. (jul/tan)

Kirim Komentar