03 Sep 2018 16:38

Media Luar Negeri Takjub dengan Gelaran Asian Games di Indonesia

MyPassion
Asian Games 2018 akhirnya resmi ditutup (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

MANADOPOSTONLINE.COM — Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia banyak mengundang decak kagum tim tamu. Nyaris tak terdengar ada keluhan tim lawan soal fasilitas dan penyelenggaraan helatan kali ini, termasuk dari media luar negeri.

Salah satu media yang memuji Indonesia sebagai tuan rumah adalah The Tribune. Media asal India itu bilang kalau Indonesia nyaris sempurna dengan menjamu para atlet tamu dengan sangat baik.

Dengan menjamu lebih 11 ribu atlet dari 45 negara, Indonesia dinilai mereka sangat sukses. Padahal, mereka mendapatkan status tuan rumah itu setelah Vietnam menarik diri.

Mereka juga memuji sebanyak 13 ribu sukarelawan yang membantu penyelenggaraan ini. Para volunteer menurut The Tribune bekerja keras tanpa lelah untuk berkontribusi pada keberhasilan Asian Games 2018 ini.

Atas keberhasilan itu, Indonesia juga mencalonkan diri untuk tuan rumah Olimpiade 2032. Kesempatan masih terbuka lebar dan mendapat dukungan dari Presiden IOC, Thomas Bach.

"Asian Games telah menjadi dasar yang kuat bagi Indonesia untuk selanjutnya menjadi tuan rumah dari Olimpiade. Saya mengucapkan selamat kepada Presiden dan rakyat Indonesia atas keputusan mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade,"

Di satu sisi, Indonesia mampu mencetak sejarah dengan berada di posisi 4 besar pertama kali sejak Asian Games 1966 di Bangkok. Koleksi 98 medali pun yang terbanyak dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Asian Games. Lebih hebat lagi, 31 medali emas yang diraih juga yang terbanyak sepanjang ikut di Asian Games. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar