23 Agu 2018 17:14

Medali Emas Paragliding Tak Instan

MyPassion
Atlet paralayang putra Indonesia saat tengah beraksi. (INASGOC/cp)

MANADOPOSTONLINE.COM — Atlet paragliding atau paralayang Indonesia patut diacungi jempol. Meski cabor ini baru dipertandingkan dalam Asian Games, namun atlet Indonesia langsung meraih medali emas.

Kepala pelatih paragliding Indonesia, Gendon Subandono mengakui bahwa keberhasilan ini tidak diperoleh secara instan. Perlu perjuangan panjang agar dapat menjadi yang terbaik di Asia. “Persiapan cukup panjang. Dari 1 tahun 8 bulan lalu kami sudah mulai kegiatan pelatnas. Dengan perjuangan itu kita mungkin punya keuntungan bisa berlatih lebih lama di lokasi kegiatan pertandingan,” ucapnya ketika dihubungi JawaPos.com, Rabu (21/8) siang.

Lebih lanjut Gendon mengungkapkan keberhasilan ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri baginya. Sebab prestasi itu harus dapat dipertahankan. “Kami harus tetap fokus untuk meningkatkan prestasi paragliding. Karena sudah menjadi program organisasi bahwa prestasi di nomor akurasi harus dipertahankan terus menerus,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Gendon juga berencana akan menggenjot nomor lintas alam agar dapat meraih keberhasilan seperti nomor akurasi. Sebab nomor itu tidak secemerlang nomor akurasi atau ketepatan mendarat. “Saya juga akan meningkatkan prestasi di nomor lintas alam. Tetapi mungkin akan cukup berat untuk bisa meningkat. Tapi, saya yakin,” katanya.

“Kebetulan atlet nomor lintas alam belum banyak berlatih di luar. Sedangkan tim lain seperti Korea, Jepang, dan Nepal sudah biasa mengikuti kejuaraan internasional,” pungkasnya. (gnr)

Kirim Komentar