20 Agu 2018 16:43

Penasehat Keamanan AS Kunjungi Israel Bahas Iran

MyPassion
Penasehat keamanan Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) John Bolton tiba di Israel, dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri pada Minggu, (19/8). Di sana, ia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan fokus berbicara mengenai Iran (Nigerian Pilot)

MANADOPOSTONLINE.COM — Penasehat keamanan Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) John Bolton tiba di Israel, dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri pada Minggu, (19/8). Di sana, ia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan fokus berbicara mengenai Iran.

Bolton adalah salah satu pimpinan pemerintahan AS dalam menangani program nuklir Iran. Dia bertemu Netanyahu pada jamuan makan malam di kediaman pemimpin Israel itu di Yerusalem. Keduanya ditetapkan untuk diskusi lebih lanjut pada hari Senin, (20/8).

"Kami punya tantangan besar bagi Israel untuk Amerika Serikat, untuk seluruh dunia. Yakni program senjata nuklir Iran dan program rudal balistik tepat di bagian atas daftar," kata Bolton dilansir dari Reuters, Senin (20/8).

Dalam sambutannya Netanyahu mengatakan keduanya akan membahas bagaimana agar terus memutar kembali agresi Iran di wilayah tersebut. Selain itu, keduanya berdiskusi untuk memastikan bahwa agar Iran tidak pernah memiliki senjata nuklir.

Bolton akan bertemu dengan para pejabat Rusia di Jenewa akhir pekan ini sebagai tindak lanjut pertemuan puncak yang dihadiri Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki bulan lalu. Dia juga akan mengunjungi Ukraina.

Bolton mengatakan kepada ABC News dalam sebuah wawancara sebelumnya bahwa AS, Israel dan Rusia berbagi tujuan untuk menyingkirkan pasukan Iran di Syria, dan mengakhiri dukungan Iran terhadap gerilyawan Hizbullah di Libanon. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar