18 Agu 2018 09:43

Kemenristekdikti Rilis 14 Perguruan Terbaik di Indonesia, Bagaimana Dengan Unsrat?

MyPassion
Institut Teknologi Bandung berada di peringkat pertama perguruan terbaik se-Indonesia (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Kemenristekdikti mengumumkan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018,  bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-73. 

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo mengatakan klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. 

"Klasterisasi ini juga dijadikan dasar bagi Kemenristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia, penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia," ungkapnya dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-73, Jumat (17/8) dilansir JPNN.com.

Penilaian performa perguruan tinggi tahun ini secara garis besar terdapat beberapa penyesuaian sebagai hasil evaluasi dari penilaian tahun 2017. 

Pada 17 Agustus 2018 ini, Kemenristekdikti mengeluarkan hasil klasterisasi hanya terhadap kelompok perguruan tinggi non vokasi, yaitu Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi. 

Sementara untuk perguruan tinggi vokasi, Patdono mengatakan masih dalam proses pengembangan dan analisa untuk menemukan indikator yang tepat dalam mencerminkan performa perguruan tinggi vokasi.

"Jika sampai akhir tahun nanti kami menemukan model yang cocok untuk klasterisasi perguruan tinggi vokasi, nanti akan kami umumkan," tuturnya. 

Tahun ini, terdapat penambahan satu komponen utama yaitu kinerja inovasi. Oleh karena itu, komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi Indonesia mencakup lima komponen utama, yaitu kualitas SDM, kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta inovasi.

Yang menarik dari klasterisasi tahun ini menurut Patdono yaitu setelah ada penambahan komponen inovasi dan indikator kerja sama perguruan tinggi ada beberapa perguruan tinggi yang merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) masuk ke dalam klaster 1 seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Malang.

"Bisa disimpulkan berarti di LPTK-LPTK itu punya banyak inovasi dan kerjasama perguruan tinggi," pungkas Patdono. Dari rilisan yang ada, nama Universitas Sam Ratulangi tak masuk dalam 14 daftar perguruan terbaik.

Berikut 14 PT Non-Vokasi Terbaik (Klaster 1) 

1. Institut Teknologi Bandung (3,57)

2. Universitas Gadjah Mada (3,54)

3. Institut Pertanian Bogor (3,41)

4. Universitas Indonesia (3,28)

5. Universitas Diponegoro (3,12)

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,10)

7. Universitas Airlangga (3,03)

8. Universitas Hasanuddin (2,99)

9. Universitas Padjadjaran (2,95)

10. Universitas Andalas (2,88)

11. Universitas Negeri Yogyakarta (2,83)

12. Universitas Brawijaya (2,82)

13. Universitas Pendidikan Indonesia (2,70)

14. Universitas Negeri Malang (2,61) (JPNN.com)

Kirim Komentar