18 Agu 2018 13:40

109 Napi di Lapas Tahuna Dapat `Kado` Kemerdekaan, Kalapas: Semua Penerima Berkelakuan Baik

MyPassion
Bupati Sangihe Jabes Gaghana memberikan SK remisi kepada perwakilan warga binaan Lapas Kelas II Tahuna.(Sriwani/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 109 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tahuna mendapat ‘kado’ HUT Kemerdekaan RI, kemarin (17/8). Mereka menerima remisi (pengurangan masa hukuman) bervariasi (lihat grafis).

Kepala Lapas (Kalapas) Tahuna Alfonsus Wisnu Ardianto menjelaskan, pemberian remisi merupakan kewajiban negara dalam memenuhi hak-hak narapidana.

"Remisi bukan hanya diberikan cuma-cuma atau pengurangan hukuman karena belas kasihan negara terhadap terpidana. Tapi hak yang diberikan berdasarkan persyaratan yang diatur dalam undang-undang dasar," jelas Ardianto.

Lanjutnya, tidak ada napi yang bebas murni kali ini. Dari 161 warga binaan di Lapas Tahuna, hanya 109 yang mendapat remisi. Sementara untuk 2017 lalu ada 116 dari 123 warga binaan yang menerima.

"Jadi sekira 70 persen warga binaan mendapat remisi kali ini. Dan mereka yang mendapatkan ini, tentunya sudah memenuhi syarat. Artinya berkelakuan baik," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengucapkan selamat kepada napi yang mendapat remisi. "Bagi napi yang mendapat remisi saya ucapkan selamat. Dan kepada jajaran pemasyarakatan tetaplah menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas," tutur bupati dalam upacara pemberian remisi.(wan/can)

Kirim Komentar