16 Agu 2018 11:26

Pejabat Sangihe Jadi Target KPK

MyPassion
Jabes Gaghana

MANADOPOSTONLINE.COM — Pejabat di Sangihe menjadi target Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk monitoring dan evaluasi. Hal ini terbukti dengan Tim Rencana Aksi KPK Koordinator Wilayah Sulawesi menyambangi Pemkab Sangihe, Selasa (14/8). KPK melakukan monitoring dan evaluasi Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dan update progres MCP B07 2018.

Kegiatan ini diikuti pimpinan perangkat darah (peda), kepala bagian, dan inspektorat di ruang kerja Bupati Sangihe. Koordinator Tim Rencana Aksi KPK Wilayah Sulawesi Tri Gamarefa mengatakan, pihaknya menyosialisasikan tentang pencegahan korupsi. “Karena ada beberapa provinsi atau daerah yang sudah kena dampak akibat ketidaktahuan bahaya dari pengambilan tindakan yang mengakibatkan kerugian negara,” ujarnya.

Lanjutnya, KPK proaktif mendatangi setiap provinsi dan kabupaten/kota untuk mendampingi kegiatan pemerintahan melalui kordinasi supervisi dan pencegahan (korsupgah). “Kalau selama ini KPK melakukan monitoring dan evaluasi melalui surat-menyurat dan telpon ataupun WhatsApp, namun tahun 2018 ini KPK membuat aplikasi yakni Monitoring Center for Prevention (MCP),” katanya.

Dia meminta, nanti ditunjuk satu staf perwakilan Pemkab Sangihe sebagai admin. “Tujuannya agar kontrol aplikasi lebih mudah, mengingat ini merupakan aplikasi baru," jelasnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Korsupgah Wilayah 8 Sulut Muhammad Indra Furqon menjelaskan, dengan aplikasi MCP tersebut setiap peda akan melaporkan progres kemajuan pelaksanaan rencana aksi secara berkala setiap tiga bulan sekali. “Pelaporan itu dilengkapi dengan lampiran dokumen pendukung," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Jabes Gaghana mengucapkan terima kasih kepada Tim Rencana Aksi KPK. "Bagi kepala peda diharapkan dapat menjabarkan apa yang menjadi target atau maksud yang dijelaskan pihak KPK," imbaunya.

Bupati juga menambahkan, komitmen KPK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sama dengan komitmen Pemkab Sangihe. "Jadi semua bentuk laporan kinerja wajib dilaporkan dalam aplikasi yang telah tersedia," kunci Gaghana.(wan/can)

Kirim Komentar