16 Agu 2018 11:38

2019, Terapkan SIAK Versi 7

MyPassion
Edwin Roring

MANADOPOSTONLINE.COM — Terbitnya Permendagri Nomor 118 tahun 2017 tentang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) langsung ditindaklanjuti Pemkab Sangihe. Pemkab melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan menerima format SIAK versi 7, yakni tampilan Kartu Keluarga (KK) yang baru. Hal ini dibenarkan Kepala Disdukcapil Sangihe Ratna Lombongadil, Rabu (15/8).

"Saat ini aplikasi ini sudah ada di Bagian Informasi Administrasi Kependudukan (BIAK). Jadi mereka sudah instal aplikasinya kemudian dipelajari dan diperiksa apakah ada kekurangan atau kendala. Setelah itu, diberi masukan kepada pusat untuk penyempurnaan aplikasi. Mengingat itu merupakan aplikasi baru," jelasnya.

Lanjutnya, September nanti, Dinas Dukcapil Sangihe akan ikut bimbingan teknis terkait KK baru ini di Jogjakarta. Termasuk akan belajar soal Adminisi Data Base (ADB) dan format KK.

"Sebelumnya KK hanya 15 kolom, kini ketambahan tanggal pernikahan, golongan darah kemudian agama berganti menjadi keyakinan," bebernya.

Disentil kapan akan diterapkannya KK baru di Sangihe, Lombongadil mengungkapkan, nanti 2019 mendatang. Karena harus disosialisasikan kepada masyarakat.

"Jadi kemungkinan nanti dalam pengurusan KK, pemohon harus melampirkan fotocopy akta perkawinan dan golongan darah. Namun kelanjutannya tinggal menunggu petunjuk teknis dari pusat," pungkasnya.

Terpisah Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sangihe Edwin Roring berharap, meski akan diterapkannya KK tampilan terbaru 2018 jangan sampai mempersulit masyarakat.

"Jadi dinas teknis harus menyosialisasikan dengan baik terkait hal ini. Jangan sampai mempersulit pelayanan publik," kunci Roring. (wan/can)

Kirim Komentar