14 Agu 2018 11:17

Tiga Kapitalaung di Sangihe Batal Dilantik

MyPassion
Bupati Sangihe Jabes Gaghana melantik 110 kapitalaung terpilih, Senin (13/8) kemarin. (Dok/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Dari 113 kapitalaung (kepala desa) terpilih pada pemilihan kapitalaung (Pilkap) serentak Mei lalu, hanya 110 kapitalaung yang dilantik, Senin (13/8) kemarin. Tiga yang lain batal dilantik.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa dan Otonomi Daerah Talaud Ernest Rakinaung mengatakan, tiga kapitalaung yang batal dilantik diantaranya Kampung Bukide, Kecamatan Tabukan Selatan (Tabsel).

"Alasan tidak dilantiknya Kapitalaung terpilih Kampung Bukide karena telah meninggal dunia pekan lalu. Sehingga pemilihan akan dilakukan kembali pada 2020 nanti, bersama 32 kampung yang belum melaksanakan pilkap. Dan untuk sementara masih dijabat penjabat sementara," jelas Rakinaung.

Lanjutnya, dua lainnya yang tidak dilantik yaitu Kampung Kalinda I dan Kampung Ulu Peliang (Upel) Kecamatan Tamako. "Kedua kapitalaung kampung itu bermasalah. Batas penyelesaian masalah akhir Agustus ini. Sehingga kita tunggu, bisa saja ada pelantikan susulan," ungkapnya.

Sementara itu, sebelum memberi sambutan, Bupati Sangihe Jabes Gaghana mengajak 110 kapitalaung untuk mengheningkan cipta atas berpulangnya kapitalaung Kampung Bukide. Dalam sambutannya, bupati mengatakan, pilkap serentak di 113 kampung adalah wujud suksesnya demokrasi. “Ini juga dikarenakan kesadaran masyarakat atas demokrasi yang baik," tuturnya.

Bupati juga mengingatkan kapitalaung yang telah dilantik agar lebih memahami tugas dan tanggung jawab. “Kapitalaung merupakan pelayan bagi masyarakat bukan seorang pemegang tahta. Untuk itu, saya mengajak kapitalaung menjadi pelayan bukan mempersulit masyarakat, apalagi karena beda pilihan. (wan/can)

Kirim Komentar