01 Agu 2018 20:04

Cegah Orderan Fiktif, Grab Bikin Fitur Anti Tuyul

MyPassion
Grab (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Perusahaan transportasi Grab resmi meluncurkan fitur 'Anti Tuyul' yang disematkan ke dalam aplikasi mitra pengemudinya. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Grab dalam menangani masalah order fiktif yang sering dilakukan oknum mitra.

Dengan adanya fitur baru Anti Tuyul, oknum mitra yang ketahuan berbuat curang dalam mengambil order perjalanan, dengan memakai aplikasi Fake GPS atau biasa disebut 'Tuyul', akan langsung diblokir dari platform Grab.

Fitur ini diharapkan bisa melindungi mitra pengemudi Grab untuk mendapatkan penghasilan yang adil, menurut Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

"Pengunaan aplikasi sejenis Fake GPS ini tidak hanya merugikan para pelanggan, yang harus menunggu lebih lama karena posisi pengemudi lebih jauh dari apa yang tertera di GPS, tapi juga merugikan mitra pengemudi yang bekerja keras secara jujur tanpa melakukan tindak kecurangan seperti penggunaan aplikasi Tuyul tersebut," kata Ridzki seperti dilansir Kumparan, Rabu (1/8)

Fungsi fitur Anti Tuyul sendiri ialah untuk mendeteksi para mitra yang memiliki aplikasi GPS palsu. Jika terdeteksi, maka Grab akan memunculkan notifikasi peringatan dan memblokir aplikasi si driver sehingga mereka tidak bisa menerima orderan.

Untuk bisa mengaktifkannya kembali, mitra pengemudi harus menghapus seluruh aplikasi Fake GPS dari smartphone-nya untuk memperoleh kembali akses terhadap akun kemitraannya dengan Grab. (Kumparan/mpo)

Kirim Komentar