27 Jul 2018 14:45

5 Situs yang Tayangkan Live Streaming Gerhana Bulan 28 Juli 2018

MyPassion
Gerhana Super Blue Blood Moon.(Iqbal Firdaus/kumparan)

MANADOPOSTONLINE.COM—Indonesia akan menjadi saksi dari fenomena istimewa di angkasa, yakni gerhana bulan terlama di abad 21. Berdasarkan penjelasan LAPAN, gerhana tersebut akan berlangsung sejak Sabtu (28/7) dini hari hingga subuh. Tepatnya sejak pukul 01.24 WIB hingga 05.19 WIB.

Tentu tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melihat gerhana tersebut. Ada kemungkinan pengamatan tertutup awan, mata tak lagi kuat melawan kantuk, hingga sedang berada di sisi Bumi yang kebetulan tidak bisa melihat gerhana tersebut.

Namun jangan khawatir, sebab gerhana bulan terlama abad 21 itu bisa disaksikan melalui situs-situs internet yang menyediakan layanan live streaming proses terjadinya gerhana bulan total tersebut. Berikut ini lima situs yang menayangkan live streaming gerhana bulan 28 Juli berdasarkan hasil rangkuman tim kumparanSAINS dari berbagai sumber.

1. BMKG

Selain mengadakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga akan menyiarkan secara langsung gerhana bulan terlama di abad 21 ini.

Siaran langsung gerhana bulan dapat langsung disaksikan di laman BMKG. Dari sana para penonton bisa memilih siaran dari 20 lokasi observasi berbeda.

Lokasi yang tersedia adalah Tangerang, Jakarta, Mata Ie, Bandung, Padang Panjang, Karangkates, Denpasar, Waingapu, Kupang, Gowa, Pattallassang, Palu, Manado, Ternate, Ambon, Mataram, Banjarnegara, Jayapura, Yogyakarta, dan Bengkulu.

2. Slooh

Slooh adalah sebuah perusahaan yang sering menyiarkan pemandangan langsung luar angkasa. Perusahaan ini berencana untuk menyiarkan penampakan gerhana bulan terlama di abad 21 ini melalui teleskop.

Anda bisa melihat siaran tersebut melalui kanal YouTube dan juga Facebook mereka yang akan mulai menyiarkan langsung 15 menit sebelum gerhana dimulai.

Selain bisa melihat langsung fenomena ini, para penonton juga akan ditemani oleh para astronom yang akan meramaikan siaran langsung dengan komentar mereka.

3. TimeAndDate.com

Situs TimeAndDate.com juga akan memberikan siaran langsung proses terjadinya gerhana bulan terlama di abad 21 ini. Siaran langsung di situs ini akan dimulai pada dini hari pukul 01.00 WIB.

Selain menayangkan siaran langsung gerhana bulan, TimeAndDate.com juga menyediakan sebuah peta interaktif atas fenomena gerhana bulan tersebut. Di samping itu, Anda juga bisa mendapatkan penjelasan mengenai gerhana bulan yang akan terjadi selanjutnya di situs ini.

4. The Virtual Telescope Project

The Virtual Telescope Project adalah layanan khusus yang diberikan oleh Bellatrix Astronomical Observatory di Italia untuk bisa menggunakan beberapa teleskop robotik yang bisa diakses melalui internet.

Saat gerhana bulan terlama di abad 21 berlangsung, teleskop-teleskop robotik itu akan diarahkan ke Bulan dan nantinya hasil gambarnya bisa dinikmati langsung di laman web mereka. Siaran langsung gerhana di situs ini akan dimulai pukul 1.30 WIB.

"Siaran langsung kami akan disiarkan dari sebuah tempat yang unik, yakni Roman Forum di Bukit Palatine. Di sana gerhana bulan dan planet merah akan terlihat di atas Colosseum dan the Arch of Constantine," ujar astronom Gianluca Masi, yang memimpin situs tersebut.

5. The Weather Channel

Selain memberikan informasi mengenai cuaca melalui aplikasinya, The Weather Channel ternyata juga menyediakan siaran langsung gerhana.

Siaran langsung akan tersedia di aplikasi The Weather Channel sejak pukul 03.00 WIB, tak lama setelah gerhana bulan total terjadi.

Menurut penjelasan dari The Weather Channel, mereka akan memberikan siaran langsung dari berbagai negara berbeda, seperti Yunani, Luksemburg, Italia, dan Australia.

Jadi, jika kamu tak bisa melihat gerhana bulan 28 Juli 2018 ini secara langsung melalui teleskop, mari manfaatkan saja situs-situs ini.

(Kumparan.com/mpo)

Kirim Komentar