19 Jul 2018 09:18

Sampai Juli 35 Rumah Ludes Terbakar, Warga Tak Tahu Nomor Damkar

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Kejadian kebakaran sering terjadi di Manado, Hingga bulan Juli sudah 35 rumah ludes terbakar. Hal ini dikarenakan, banyak masyarakat tidak tahu nomor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). 

Akibatnya, menurut Kepala Damkar Manado Sonny Rompas, banyak rumah ludes terbakar karena masyarakat terlambat menghubungi petugas kebakaran. “Banyak masyarakat belum tahu nomor Damkar. Sehingga ketika terjadi kebakaran banyak hanya jadi penonton,” katanya. 

Menurut dia, biasanya kalau Damkar mendengar laporan paling lambat 15 menit sudah di lokasi. Kalau informasi cepat petugas dapat segera memadamkan api. “Kami juga meminta masyarakat secepatnya menghubungi petugas kebakaran walaupun baru percikan api. Untuk mencega terjadi kebakaran lebih meluas,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, untuk tindakan pencegahan dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar sosialisasi dengan mengundang kepala lingkungan (pala). “Dalam kesempatan ini kami akan membagikan nomor dan tindakan apa yang dilakukan pala sebelum pemadam datang,” katanya. 

Dia mengungkapkan, seperti kalau terjadi kebakaran banyak orang yang datang menonton dan memarkir kendaraan sembarangan ketibang menolong memadamkan api. “Tugas pala itu mencari tempat parkir Damkar. Supaya ketika Damkar datang sudah tidak ada kendaraan yang tidak menghalangi pemadaman api,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Kota Manado Roy Maramis meminta, dinas teknis mensosialisasikan nomor Damkar langsung ke masyarakat. Supaya ketika terjadi kebakaran langsung bisa dihubungi. “Harusnya dinas teknis tidak hanya menyampaikan begitu saja nomor Damkar. Karena sifat manusia kadang lupa. Tapi harus ada inovasi, dibuatkan dalam bentuk brosur, spanduk dan iklan nomor damkar. Supaya masyarakat cepat mengingatnya,” pungkas Maramis. (ite/can)

 

Kirim Komentar