06 Jul 2018 15:40
Penetapan Tunggu Gugatan di MK

Talaud Alot, Sasingen Sah di Sitaro

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Kamis (5/7) kemarin dijadwalkan KPU Sitaro, KPU Talaud, dan KPU Kotamobagu menggelar rapat pleno penghitungan suara. Dari pantauan, rapat pleno KPU Kepulauan Talaud berlangsung alot. Rapat yang digelar di aula kantor KPU itu, dibumbui interupsi dari saksi-saksi paslon. Interupsi kebanyakan terkait indikasi pelanggaran administratif. Hingga pukul 18.00 Wita, baru lima dari 19 kecamatan yang membacakan hasil rekapitulasi. Walau berlangsung alot, pelaksanaan rapat pleno tetap berjalan aman. “Proses perhitungan suara sudah dilakukan mulai dari TPS oleh KPPS kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi perhitungan suara di kecamatan. 6 Juli dilakukan rekapitulasi di tingkat kabupaten,” ujar Ketua KPU Talaud Dra Velma Sumee.

Setelah penetapan perolehan suara, lanjut Sumee, ada waktu tiga hari bagi pasangan calon yang ingin mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak ada yang mengajukan tuntutan, maka KPU akan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih di Kabupaten Kepulauan Talaud. "Diberi waktu tiga hari jika ada yang hendak mengajukan gugatan ke MK," katanya.

Sementara di Sitaro, KPU melaksanakan rapat pleno di Narwastu Resto, Ulu, Kecamatan Siau Timur. Ketua KPU Stephen Londok SE mengatakan, rapat pleno terbuka ini merupakan hasil perolehan suara dirinci ulang dari 10 kecamatan dan didapatkan data perolehan suara secara keseluruhan. "Baik daftar pemilih, jumlah pemilih hadir, suara sah, dan suara tidak sah. Rekapitulasi ini, disaksikan saksi dari masing-masing pasangan calon, Panwaslu Kabupaten Sitaro, PPK, serta Forkompinda," ucapnya.

KPU lanjutnya, tinggal menunggu jika ada registrasi permohonan perselisihan di MK sejak penetapan ini. “Kalau pun nantinya tidak ada gugatan kita menunggu pemberitahuan resmi dari MK," singkatnya.

Berdasarkan data, paslon bupati dan wakil bupati Evangelian Sasingen dan John Palandung (YES-Jo), menang 21.103 suara, disusul Ronald Takarendehang-Rudolf Parera 10.833 suara, Siska Salindeho-Heronimus Makainas 10.572 suara, dan AAB Maliogha-Elians Bawole 3.256 suara.(mp/gel)

Kirim Komentar