04 Jun 2018 11:55

Juara Karena Taat Berpuasa

MyPassion
Tim voli putra juara di turnamen LienVietPostBank 2018.(Dok PBVSI)

MANADOPOSTONLINE.COM—Asisten pelatih tim voli putra Indonesia Andri Widyatmoko meyakini bahwa gelar juara yang diraih tim voli putra di turnamen LienVietPostBank 2018 kemarin merupakan buah dari ketaatan anak-anak didiknya dalam berpuasa.

"Sekitar hampir 80 persen pemain kita semua berpuasa. Ini jelas berpengaruh pada permainan. Sering ada momen di mana saat bola out, mereka pada menanyakan 'ini udah waktu buka puasa belum coach?'," kata Andri, Sabtu (2/6).

Andri menjelaskan, selama ini PBVSI memang tidak pernah memaksakan para pemain untuk meninggalkan ibadahnya demi gelar juara. Namun, toh para pemain tetap mendahulukan ibadah mereka ketimbang naik ke podium tertinggi.

Usaha keras Aji Maulana dan kawan-kawannya memang membuahkan hasil. Mereka tak hanya menjadi juara, tapi juga sukses mengandaskan musuh bebuyutan Thailand 3-1 yang selalu memecundangi mereka sejak tahun 2009.

"Ini kan kebanggaan bagi saya. Mereka ada dua tugas, sebagai muslim yang harus berpuasa mereka juga harus bela negara untuk pertaruhkan nama bangsa. Mungkin karena puasa itu kita bisa mengalahkan Thailand di babak final, dan membawa Indonesia juara," kata Andri.(*)

Kirim Komentar