24 Apr 2018 16:49

Lima Rumah Ludes Terbakar

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Si jago merah kembali beraksi. Kali ini menghanguskan lima rumah di dua tempat terpisah. Kejadian pertama terjadi di Griya Paniki Indah (GPI). Di mana rumah beserta tiga kios makan hangus terbakar sekira pukul 19.00, Minggu (22/4). Kejadian kedua terjadi di Perumahan Banua Asri 1 Blok A, lingkungan IV, Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Senin (23/4), dini hari sekira pukul 02.00. Kejadian tersebut masih diselidiki pihak kepolisian.

Pemilik rumah Hartman Timbowo mengatakan, kedua rumah yang terbakar adalah miliknya. Dia mengaku merugi hingga miliaran.  “Awal api dari rumah depan. Rumah itu dikontrakan,  mereka buka usaha meubel. Dan bahan-bahan mereka yang disiapkan untuk membuat sofa baru saja tiba dan ditumpuk di dalam rumah. Di tumpukan itulah api bermula,” ceritanya.

Api kemudian merembet hingga ke rumah kedua. “Habis semua barang-barang mulai dari pakaian dan peralatan lainnya. Hanya bagian ruang tamu yang tersisa karena pemadam kebakaran cepat datang,” katanya. Dia menjelaskan, api dari rumah belakang bahkan menjalar sampai ke lantai dua rumahnya. “Apalagi tangga menuju lantai dua terbuat dari kayu sehingga cepat terbakar. Sampai sekarang saya belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut dan masih diselidiki polisi,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Manado Herry Contra mengatakan, mendengar ada informasi kebakaran pihaknya menurunkan tiga mobil damkar. Dibantu juga satu unit mobil damkar dari  Satpol-PP Provinsi. ”Tetapi karena laporan warga yang terlambat, sehingga sebagian rumah ludes terbakar,” ujarnya. Dia juga meminta warga segera melaporkan jika ada kebakaran, walaupun hanya percikan api. Lebih baik mencegah dari pertama, daripada laporan yang diberikan sudah terlambat. ”Kami juga belum mengetahui apa penyebab kebakaran tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Drs Sammy AR Kaawoan MAP berjanji akan memberikan bantuan kedaruratan kepada korban yang rumahnya terbakar.”Pemerintah akan memberikan bantuan perlengkapan dapur, tikar, matras, beras, ikan kaleng, gula, biskuit dan lain-lain. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah,” pungkasnya.(tr-05/ite/can)

Kirim Komentar