09 Mar 2018 08:20
Gelar Operasi Cope West Exercise

Jet Tempur AS Intai ISIS dari Sulut

MyPassion
SIAP-SIAP: Jet-jet tempur super canggih tipe F16 milik US Pasifik Air Force, parkir di Landasan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (8/3). Tampak pula, para prajurit US Air Force, memindahkan rudal yang terpasang di pesawat F16. Proses ini dilakukan, karena lokasi parkir pesawat tempur berada dekat Bandara Sam Ratulangi. Foto: Rangga Mangowal/MP

Nanti, Sabtu (10/3) esok, TNI AU akan mendaratkan F16 di Lanudsri. Kurang lebih ada enam pesawat. Jadi, total pesawat tempur F-16 yang akan mendarat ada 12. “Nanti akan ada juga waktu yang disediakan untuk masyarakat datang berkunjung melihat-lihat pesawat tempur,” tukas mantan Danlanud Lampung ini.

Sementara itu, pantauan koran ini, sekira pukul 13.00 WITA, enam pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat telah parkir di Landasan Udara Sam Ratulangi. Diawali dengan sedikit manuver di langit Sulut, enam pesawat tersebut akhirnya mendarat.

Selepas mendarat, terlihat ratusan kru Angkatan Udara Amerika yang sudah mendirikan camp, langsung keluar mendekati setiap pesawat. Para kru kemudian melakukan pengecekan keadaan pesawat, selepas mengudara. Para pilot dan co-pilot yang masih berseragam pilot lengkap, terlihat asyik berbincang di depan salah satu pesawat.

Beberapa kru yang melakukan pengecekan terlihat memindahkan beberapa barang dari pesawat. Bahkan, beberapa kru ada yang terlihat mengangkat dan memindahkan rudal pesawat.

Ditambahkan, Kolonel Pnb Ferdinand Roring, di puncak latihan, akan ada ketambahan pesawat-pesawat lain untuk memeriahkan simulasi ini. “Nantinya akan ada pesawat angkut dari US Air Force seperti pesawat C-17 Globe Master, Helikopter Chinook untuk operasi infiltrasi dan Sar Tempur. Pesawat C-130 Hercules, CN-295 dan Helikopter Super Puma. Semua pesawat itu akan terlibat dalam latihan,” ungkapnya saat memantau kehadiran para pilot dari Amerika di landasan udara Sam Ratulangi.

“Pihak US Force telah mendaratkan enam pesawat tempur jenis F-16. Kalau TNI Angkatan Udara dari Pekan Baru, akan datangkan juga enam pesawat yang sama, mereka akan mendarat Sabtu nanti (esok),” ujar putra Sulut ini.

Lanjut Roring yang merupakan mantan Danlanudsri Manado, ada juga latihan Spear Iron yang melibatkan Pasukan Khusus TNI AU (Paskas) dan Combat Control Team (CCT) Special Force dari Amerika Serikat. “Kedua Satuan Khusus ini bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan latihan berupa, penerjunan, infiltrasi, SAR tempur dan evakuasi. Latihan ini juga selain memperkuat TNI AU, juga untuk memantau perbatasan dari udara,” pungkas Roring. (ran/gnr)

12
Kirim Komentar