08 Feb 2018 14:30

Ribuan Keluarga Diguyur 1,5 Miliar

MyPassion
Ilustrasi

MITRA—Kabar gembira bagi calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Anggaran Rp 1,5 miliar disiapkan untuk 3.182 keluarga penerima manfaat (KPM). Hal itu diungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mitra Fenggy Wurangian.

 

“Masing-masing KPM mendapatkan 500 ribu rupiah. Dana tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing. Kami hanya sebagai fasilitator. Hanya melakukan pendataan penerima apakah layak atau tidak,” ungkap Wurangian, Rabu (7/2).

Dia menuturkan penyaluran PKH tahap satu ini sudah sementara berjalan sejak 2 Februari. Terbagi dalam 4 gelombang. “Ditargetkan selesai penyaluran tahap satu hingga Maret,” ucapnyanya.

Dijelaskan Wurangian PKH merupakan bantuan sosial bersyarat yang harus memenuhi beberapa kategori. Yaitu kategori pendidikan  anak bersekolah tingkat SD, SMP dan SMA. “Ada juga kategori kesehatan untuk balita, ibu hamil. Kemudian ada kategori kesejahteraan sosial. Diantaranya disabilitas berat dan lansia umur 70 tahun ke atas,” paparnya.

Di sisi lain menurutnya, jumlah kuota KPM yang disediakan pemerintah pusat untuk Kabupaten Mitra sebenarnya mencapai 5.191 keluarga. Namun, menurutnya itu masih menunggu hasil sistem pengaduan masyarakat. “Kemungkinan Februari ini SPM turun,” harapnya.

Untuk itu, menurut Wurangian, dengan adanya perluasan KPM, maka akan bertambah pula pendamping dan operator. Pendamping yang tadinya berjumlah 17 dan 1 operator. Akan ditambah lagi pendamping menjadi 34 dan 2 operator. “Total SDM untuk PKH menjadi 36 ditambah 1 koordinator kabupaten. Sehingga total semua SDM PKH menjadi 37 orang,” tandasnya.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar