01 Feb 2018 14:08

100 Hektare Disulap Jadi Sawah

MyPassion
Ilustrasi

MITRA—Lahan seluas 100 hektare akan disulap menjadi persawahan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Elly Sangian. “Kami targetkan tahun ini ada 100 hektare lahan milik warga yang akan dibuat menjadi lahan persawahan,” ujar Sangian, Rabu (31/1).

 

Program cetak sawah baru menurutnya program dari pusat. “Itu sudah menjadi program sejak tahun lalu. Kami memfasilitasi saja. Namun untuk pengerjaan dibantu pihak TNI. Karena pemerintah pusat sudah menandatangani MoU dengan TNI,” ujarnya.

Namun, dia belum membeberkan desa mana yang akan dijadikan lokasi percetakan sawah baru. “Kami masih sementara survei. Kemungkinan pengejaan dimulai pertengahan tahun nanti,” ujarnya.

Sementara itu, 100 hektare cetak sawah baru akan terbagi di beberapa desa. “Misalnya tahun lalu kami lakukan di tiga desa. Jadi kami lihat dulu potensinya. Apakah memungkinkan atau tidak. Itu pun dilihat berdasarkan hasil survei investigasi desain yang dilakukan para konsultan,” terangnya.

Lebih lanjut, Sangian mengatakan untuk syarat percetakan sawah baru wajib memiliki kelompok tani. “Kemudian kelompok tersebut wajib memiliki lahan sendiri. Atau pun memiliki izin dari pemilik lahan. Jika hanya lahan sewa atau pinjam, itu dibuktikan surat perjanjian penggunaan lahan minimal lima tahun,” urai Sangian.

Terpisah, Kordinator Kelompok Tani Silian Gusman Mangero berharap, percetakan lahan sawah baru harus tepat sasaran. “Supaya nanti kelompok tani yang mendapatkan percetakan sawah baru, memang layak dan memenuhi kriteria,” pungkasnya.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar