27 Jan 2018 10:03

Februari, Kandoli Bupati Mitra

MyPassion
Ronald Kandoli

MITRA—Kursi Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara tak lama lagi diduduki Ronald Kandoli, wakil dari Bupati James Sumendap. Diketahui, Sumendap akan ikut bertarung di pilkada 2018. Untuk itu kursi bupati dipastikan akan dijabat seorang pelaksana tugas (Plt). Hal ini disampaikan Kabag Pemerintahan Pemkab Mitra Novri Raco.

Menurutnya, pemkab sudah mengajukan permohonan cuti kampanye ke provinsi. “Kami sudah ajukan cuti bupati Mitra ke provinsi sejak Senin pekan lalu,” katanya Jumat (26/1). Menurutnya berapa lama cuti yang akan diberikan tergantung keputusan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. “Yang pasti sesuai mekanisme, bupati akan cuti kampanye mulai 15 Februari. Atau tiga hari setelah penetapan paslon dari KPU pada 12 Februari. Sementara sampai kapan cuti berakhir, juga masih menunggu keputusan dari gubernur,” jelasnya.

Untuk itu, dikatakannya, otomatis bupati akan dijabat wakil bupati sebagai Plt. “Karena memang wakil tidak ikut pilkada. Tentu kursi bupati dijabat sementara oleh wabup. Masa jabatan bupati juga berakhir pada September. Berbeda dengan Kabupaten Minahasa yang berakhir Maret,” terangnya.

Terpisah, Komisioner KPUD Mitra Jhonly Pangemanan mengatakan, tahapan penetapan pasangan calon dijadwalkan berlangsung 12 Februari. “Ini sesuai dengan aturan yang berlaku bagi calon petahana, untuk melaksanakan cuti selama kampanye, baik itu sebagai bupati ataupun wakil bupati yang mencalonkan diri,” pungkasnya.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar