23 Jan 2018 12:09
Tahap Satu Tunggu Perbub Mitra

18,6 Miliar Dandes Segera Disalurkan

MyPassion

MITRA—Penyaluran dana desa (dandes) tahun ini di Kabupaten Minahasa Tenggara segera dilakukan. “Berdasarkan petunjuk dari pusat. Tahun ini pencairan dandes dilakukan tiga tahap. Yakni dengan hitungan 20 persen tahap I. Kemudian masing-masing 40 persen tahap dua dan tiga,” jelas Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Danny Wahongan, Senin (22/1) kemarin.

 

Untuk anggaran dandes tahap I, akan disalurkan sekira 18,6 miliar. 20 persen dari total 93,3 miliar anggaran total yang masuk ke kas daerah untuk 135 desa. Namun untuk kapan pencairan tahap I, sampai saat ini belum ada kejelasan. “Dandes tahap satu akan disalurkan dalam jangka waktu Januari sampai Juni. Namun harus juga memenuhi beberapa syarat,” ungkap Wahongan.

Syarat pertama yang harus dipenuhi perda tentang APBD yang sudah diselesaikan PMD. Kemudian perbup tentang dana desa yang sementara diproses. “Lalu ada perdes yang tergantung masing-masing desa. Jadi harus memenuhi ketiga syarat tersebut,” jelas Wahongan.

Sementara untuk LPJ tahap II, untuk tahun 2018 Dinas PMD belum mengetahui jelas, sudah berapa persen yang masuk. “Sampai saat ini tembusan LPj ke Dinas PMD belum ada. Karena tiap desa langsung mengupload di aplikasi siskeudes,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Legislasi DPRD Mitra Kisman Hala mengatakan, untuk perbub dandes itu diputuskan langsung Bupati. “Itu merupakan pedoman teknis untuk mengimplementasikan peraturan pusat ke daerah. Jadi kalau perbub itu langsung diputuskan BUPATI,” terangnya.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar