18 Mei 2017 12:11

Pantai Lolan Digoda Mafia Tambang

MyPassion
EKSOTIS: Pantai Lolan di Kecamatan Bolaang Timur, menjadi salah satu lokasi wisata andalan Kabupaten Bolaang Mongondow. Foto: Jendri Dahar/MP

LOLAK—Pantai di Desa Lolan, Kecamatan Bolaang Timur masih menjadi objek wisata andalan Bumi Totabuan. Pantai sepanjang 3,7 kilometer itu menjadi magnet bagi para wisatawan.

 

Bagaimana tidak, berpasir besi dan sangat luas. Sayangnya, pantai yang terkenal bersih tanpa ada sampah berserakan mulai digoda mafia tambang. Oroh Makalag, warga setempat mengakui beberapa kali perusahaan tambang besi membujuk warga untuk membuka tambang di sini.

Tapi ia mengaku, warga menolak. “Memang perusahaan datang dengan segala tawaran. Karena kami tidak mau nanti pantai dan lautnya rusak. Sudah berapa kali begitu," ujarnya.

Kata dia, warga lebih memilih menjadikan pantai semakin dikenal agar ikut berdampak pada perekonomian. Sementara, pantauan harian ini, warga tampak mulai membangun pondok bagi wisatawan. Meski belum seberapa. Memasuki pantai pun ada pos penjagaan. Satu mobil Rp 10 ribu dan motor 5 ribu.

Di pantai ini, spot pemandangan matahari terbenam. Wisatawan dapat menghabiskan senja di pantai ini. Ada warga yang menyediakan makanan dan minuman. “Warga desa lainnya terus menjaga pantai ini,” terang Fidal Mamonto, salah satu penjaga pantai.

Dia menjelaskan, panjang pantai dari muara sungai sampai tanjung 3,700 meter. “Kalau tanggal merah di sini ramai. Kami mulai membangun perlahan-lahan,” tandasnya.(cw-04/gnr)

Kirim Komentar