04 Feb 2017 10:20

Kembali Berganti, Kombes Andri Wakapolda Sulut

MyPassion
Refdi Andri

MANADO—Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Utara (Sulut), kembali berganti pejabat. Hal tersebut mengacu dalam Surat Telegram Resmi (TR) dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian nomor: ST/261/II/2017 tanggal 3 Februari 2017, yang ditandatangani Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Syafruddin.

Jabatan wakapolda akan dijabat Kombes Pol Drs Refdi Andri MSi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidregident Korlantas Polri. Sedangkan, Wakapolda Brigjen Pol Drs Lotharia Latif SH MHum, yang baru bertugas sekira tiga bulan (sejak November 2016) di Bumi Nyiur Melambai, kini diangkat dalam jabatan baru. Yaitu sebagai Direktur Polairud Baharkam Polri. Sekadar diketahui, Kombes Refdi sudah kenyang dengan pengalamannya bertugas di jajaran Korps Lalulintas (Korlantas) Polri. Sebab, dulunya dia juga pernah bertugas sebagai Dirlantas Polda Sumatera Utara (Sumut).

Tak hanya posisi wakilnya Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito yang berganti. Masih TR yang sama, nama Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulut juga dimutasi. Dirlantas yang baru akan dijabat Kombes Pol Drs Ari Subianto MSi, sebelumnya bertugas sebagai Dirlantas Mapolda Gorontalo. Sementara Dirlantas Kombes Pol Subandrya segera bertugas di Polda Kalimantan Timur, masih dengan tugas yang sama sebagai Dirlantas.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo, saat dikonfirmasi tadi malam membenarkan terbitnya telegram resmi tersebut. “Iya benar, pak wakapolda dimutasi ke Mabes berdasarkan telegram resmi yang beredar,” kata Tompo.

Menurutnya, mutasi adalah hal yang biasa di tubuh Polri. “Karena perpindahan tempat tugas juga untuk pengembangan karir bagi setiap anggota Polri,” tegas mantan Wadirreskrimsus Polda Maluku Utara tersebut.

Sementara itu, jumlah keseluruhan ada 40 perwira tinggi (Pati) Polri yang dimutasi kapolri, kemarin. Di antaranya, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH MHum, yang sebelumnya menjabat Kalemdikpol, kini menjabat Kalemdiklat Polri. Kemudian Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi, yang sebelumnya menjabat sebagai Assarpras Kapolri, kini Aslog Kapolri. Irjen Pol Drs Prasta Wahyu Hidayat SH MM, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv TI, kini menjabat sebagai Kadiv TIK Polri.

Kemudian ada Irjen Pol Drs I Ketut Untung Yoga SH MM, yang sebelumnya Kadivhubinter Polri, kini Wakalemdiklat Polri. Selanjutnya ada Brigjen Pol Drs Umar Septono SH MH, sebelumnya Kapolda NTB, kini Kakorsabhara Baharkam. Ada juga Brigjen Pol Drs Indrajit SH, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakakorlantas, kini menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. (gnr)

Kirim Komentar