17 Des 2016 09:36

Perkenalkan! Carmen Lumanauw, Istri Stefano Lilipaly

MyPassion
Stefano Lilipaly dan Carmen Rowena Lumanauw. Foto: carmenrowena.com

Sampai kemudian dua tahun lalu Lilipaly mengenal Carmen Rowena Lumanauw, gadis Manado yang kemudian dia peristri. ”Carmen yang mengajari saya banyak hal tentang Indonesia. Termasuk bahasa,” ungkapnya.

Pemain yang kini merumput bersama klub Belanda Telstar itu pun jadi merasa kian dekat dengan negeri leluhurnya. Apalagi, keluarga besar sang ayah sampai kini masih menetap di Desa Ihamahu, Saparua, Maluku Tengah. Bertetangga dengan kampung keluarga besar pemain naturalisasi lainnya, Sergio van Dijk.

Itu sebabnya, panggilan untuk memperkuat timnas dia sambut dengan antusias. ”Impian saya sejak dulu memang tampil di pentas internasional bersama Indonesia,” kata pemain yang menjalani debut bersama Garuda –julukan timnas Indonesia– saat melawan Filipina pada 14 Agustus 2013 tersebut.

Padahal, pengorbanannya sungguh tak kecil. Pemain kelahiran Arnhem pada 10 Januari 1990 itu harus meninggalkan Telstar, klub kasta kedua Belanda, saat performanya tengah meroket. Di Eerste Divisie musim ini, Lilipaly sudah mencetak empat gol dan lima assist. Sebuah capaian gemilang untuk pemain yang lebih kerap dimainkan sebagai gelandang bertahan. Bahkan sesekali menjadi bek.

Penampilan memikat bersama Telstar itu pula yang membuat Alfred Riedl rela melakukan pengecualian terhadap ‘kebijakannya’ yang lebih memprioritaskan pemain lokal daripada naturalisasi. Kebijakan itu dipicu performa mengecewakan sejumlah pemain naturalisasi yang dia bawa ke Piala AFF 2014.(mp/jpg)

12
Kirim Komentar